Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Kota Jayapura tambah ramai, tambah juga masalah

Banjir di Kota Jayapura belum lama ini – (Jubi/Hengky Yeimo)

Jayapura, Jubi – Wakil Wali Kota Jayapura Rustan Saru mengatakan, Kota Jayapura sebagai ibu kota Papua semakin hari kian padat dan ramai. Banyak yang datang dan pergi. Akibatnya, banyak sampah bertebaran dimana-mana.

“Jumlah pertumbuhan penduduk meningkat 428 lebih jiwa. Ini data berdasarkan Disdukcapil. Kota ini tidak bertambah luasnya, gunung tidak akan menjadi rata namun penduduknya terus bertambah, otomatis masalah juga bertambah,” kata Rustan Saru kepada Jubi, Selasa (26/2/2019).

“Dampaknya banyak orang melawan hukum, tapi ada juga yang taat hukum. Sisi lain terjadi macet, tebang pohon, bangun bangunan sembarangan. Maka ketika hujan sebentar musibah terjadi dimana mana,” katanya.

Rustan Saru mengatakan, persoalan banjir longsor, sampah, ini menjadi tanggung jawab semua warga kota.

“Ada yang maki-maki wali kota dan saya ke Organda, mereka masih marah-marah. Padahal pemerintah sudah bekerja semaksimal mungkin. Tidak bisa bekerja sendiri sendiri harus bekerja bersama,” katanya.

Loading...
;

Salah seorang warga, Yanto mengatakan pemerintah harus membuat waduk di muara Kali Acai. Sehingga air itu bisa mengalir tanpa hambatan ke laut.

“Jika dibiarkan begitu saja. Otomatis ketika hujan turun maka akan banjir melanda kota ini,” katanya.

Yanto mengatakan, pemerintah harus tegas dalam menegakkan hukum menata kota ini. Bagaimana mau menjadi kota cerdas kalau lingkungan tidak sehat.

“Mereka harus direlokasi ke distrik Muara Tami, sebab ketika mereka membangun rumah di bantaran sungai. Maka masalah banjir terus akan terjadi,” katanya. (*)

Editor: Syam Terrajana

Baca artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top