Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Koteka Cup kembali gairahkan divisi Utama Persipura

Ketua Umum Koteka FC, Yan Ukago saat memberikan keterangan pers – Jubi/Roy Ratumakin.

Papua No. 1 News Portal | Jubi 

Jayapura, Jubi – Setelah vakum sejak 2008, kompetisi Divisi Utama Persipura kembali digulirkan. Koteka Cup menjadi inisiasi kompetisi tersebut dan diikuti oleh 16 klub dibawah naungan Persipura Jayapura.

Ketua Umum Koteka FC, Yan Ukago mengatakan, kompetisi Persipura terakhir digelar tahun 2008.

“Kami berinisiatif melaksanakan kompetisi Koteka Cup pertama dengan melibatkan tim-tim divisi utama, divisi satu, dan divisi dua Persipura. Kami juga sudah melapor ke Ketum Persipura dan beliau meresponsnya dengan positif,” katanya kepada wartawan, Jumat (15/2/2019).

Dikatakan, tujuan dan targetnya dari kompetisi ini adalah lahirnya pemain-pemain terbaik yang bisa masuk ke tim Persipura Jayapura dan juga beberapa klub peserta kompetisi resmi PSSI.

Loading...
;

“Kita harapkan dari kompetisi ini bukan saja pemain yang bisa masuk ke tim Persipura, untuk menjadi pengganti Boas Selossa dan kawan-kawan, tetapi juga dari kegiatan ini akan muncul pemain sepak bola potensial  yang masuk dalam tim sepak bola PON Papua,” ujarnya.

Kata Yan, pihaknya juga berharap ada tim pemantau dari Asprov PSSI Papua disaat pelaksanaan kompetisi berlangsung.

Di tempat yang sama mantan pemain Persipura Yohanes Songonau berharap, dari kompetisi Koteka Cup mampu melahirkan pemain-pemain handal.

Ia  mengatakan, kompetisi yang diramaikan oleh tim-tim tua di Kota Jayapura diharapkan juga bisa menghasilkan pemain terbaik yang akan disumbangkan ke Persipura sebagai cikal bakal pengganti pemain senior Persipura maupun untuk tim sepakbola PON Papua sendiri.

“Barometer sepakbola di Papua itu ada di Kota Jayapura, harapan saya tim yang ikut terlihat bisa bertanding dengan fair play,” katanya.

Hal senada disampaikan Carolino Ivakdalam. Menurut Ino sapaan akrabnya, kompetisi Persipura harus kembali digelar, karena sudah menjadi tradisi pemain Persipura itu lahir dari kompetisi antar klub di Kota Jayapura.

“Terima kasih kepada seluruh jajaran manajemen Koteka FC yang sudah menggelar kompetisi bagi tim-tim divisi utama Persipura, sepak bola Persipura kembali bangkit. Kita harus setiap tahun bisa menggelar kompetisi internal Persipura,” ujarnya.

Mantan Asisten Pelatih Persema Malang ini mengaku,  klub Liga 1 di Pulau Jawa seperti Arema dan Persebaya mempunyak kompetisi internal dibawahnya setiap tahun berjalan, sehingga mereka tidak kesulitan mencari pemain.

“Walaupun Persipura sekarang sudah menjadi klub profesional, tapi kita jangan lupa kalau selama ini pemain Persipura itu datang dari klub-klub divisi utama Persipura,” katanya.

Ketua Panitia Pelaksana Koteka Cup, Jack Kobogau, menambahkan, ada sebanyak 16 klub yang akan mengambil bagian dalam kompetisi Koteka Cup pertama tahun 2019.

“Pembukaan turnamen koteka cup akan dibuka langsung oleh Ketua Umum Persipura  yang juga selaku  Wali kota, Benhur Tommi Mano,” ujarnya.

Jack mengatakan, kompetisi  Koteka Cup akan berlangsung mulai tanggal 3 Maret 2019. Untuk  upacara pembukaan akan berlangsung  di Stadion Mandala Jayapura.

“Kompetisi Koteka Cup ini selain untuk menggalakkan olah raga sepak bola di Jayapura, juga dalam rangka membangkitkan kembali kompetisi divisi utama Persipura yang sudah vakum 11 tahun ini,” ujarnya.

16 tim yang ikut terlibat dalam kompetisi Koteka Cup tahun 2019 adalah, pool A, Megapura Star, RBC SPN, Volta PLN, Oksibil FC. Pool B, Venus FC, Cenderawasih FC, Elang Brimob, Samba APO Jayapura. Pool C, Maren FC, Tunas Mudah Hamadi, PS AD, Injros FC. Pool D, PSK Kayu Pulo, Ciput FC, Koteka FC dan Putra Pasifik. (*)

 

Editor : Edho Sinaga

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top