Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

KPK : personil APIP harus gagah dan mumpuni

Ilustrasi audit – pixabay.com

Jayapura, Jubi – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) meminta anggota Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP), harus diisi oleh orang-orang yang gagah dan mumpuni, agar pengawasan benar-benar berjalan baik.

“APIP ini bukan buangan, dan jangan jadikan APIP sebagai ban serep dalam pemerintahan,” kata Koordinator Wilayah VIII KPK, Adlinsyah Malik Nasution di Jayapura kemarin.

Ia tekankan, Peraturan Pemerintah (PP) No. 12 Tahun 2017 tentang Pembinaan dan Pengawasan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah, fungsi APIP sangat sentral dalam melakukan fungsi pengawasan.

“Jadi kalau ada anggota APIP yang masuk umur-umur pensiun atau sering ngantuk-ngantuk, mending diganti saja karena APIP ini merupakan perpanjangan tangan, jadi harus gagah dan pintar,” ujarnya.

Dalam rencana aksi, KPK meminta APIP harus mulai melakukan audit investigasi dengan melibatkan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

“Nanti ada pelatikan dari KPK terkait investigasi audit, dan setiap anggota APIP akan kami undang,” katanya.

Loading...
;

Disamping itu, ujar ia, keberadaan Inspektur juga harus betul-betul orang yang paham, minimal soal hukum karena sewaktu-waktu bisa saja dipanggil untuk menjelaskan sesuatu.

“Minimal soal hukum acara pidana paham sedikit lah, jangan kalau ada panggilan langsung grogi. Jadi minimal belajar artikulasi hukum lah,” ujarnya.

Asisten Bidang Umum Papua Elysa Auri, meminta aparat APIP di kabupaten/kota untuk meningkatkan kapabilitas, agar semua pengawasan yang terkait anggaran dapat di awasai dengan sangat baik.

“Pengawasan anggaran penting untuk dilakukan agar tidak menimbulkan korupsi. Untuk itu, setiap penganggaran harus merujuk pada kapabilitas APIP,” kata Auri yang juga merupakan Ketua Rencana Aksi Pencegahan Korupsi Pemprov Papua.

Ia menambahkan, kehadiran APIP untuk melakukan pengawasan perangkat daerah merupakan suatu kebutuhan para pemangku kepentingan. Untuk itu diperlukan satu strategi yang mampu menghadirkan pengawasan penyelenggaraan efektif. (*)

Editor: Syam Terrajana

Baca artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top