HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

KPU Jayawijaya tetapkan 30 calon anggota DPRD terpilih

Rapat pleno KPU Jayawijaya menetapkan perolehan kursi dan calon anggota DPRD Jayawijaya terpilih hasil Pemilihan Umum 2019. – Jubi/Islami

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Komisi Pemilihan Umum atau KPU Jayawijaya menggelar pleno penetapan 30 calon anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah atau DPRD Kabupaten Jayawijaya terpilih di Wamena, ibukota Kabupaten Jayawijaya, Rabu (14/8/2019). KPU Jayawijaya berharap para calon anggota DPRD Kabupaten Jayawijaya terpilih itu segera menyerahkan Laporan Harta Kekayaan Pejabat Negara.

Rapat pleno penetapan 30 calon anggota DPRD Kabupaten Jayawijaya terpilih itu dipimpin oleh komisioner KPU Jayawijaya, Agustinus Aronggear. Aronggear menyatakan pelaksanaan rapat pleno itu mengikuti Peraturan KPU Nomor 8 Tahun 2019 tentang Tata Kerja KPU. Pasal 62 ayat 6 Peraturan KPU itu menyatakan jika ketua KPU kabupaten/kota berhalangan, salah satu komisioner yang dipilih secara aklamasi dapat memimpin rapat pleno.

Aronggear juga merujuk Peraturan KPU Nomor 14 tahun 2019, yang menjadwalkan pelaksanaan rapat pleno penetapan perolehan kursi dan penetapan calon anggota legislatif (caleg) terpilih dilakukan lima hari setelah KPU menerima salinan putusan Mahkamah Konstitusi atas gugatan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum.  “Penetapan anggota DPRD Jayawijaya terpilh didasarkan atas aplikasi situng yang bersumber kepada berita acara DB dan DB1 yang telah ditetapkan KPU Jayawijaya dalam rapat pleno Mei lalu,” kata Aronggear.

KPU Jayawijaya meminta 30 calon anggota DPRD Jayawijaya terpilih itu segera menyerahkan Laporan Harta Kekayaan Pejabat Negara (LHKPN), sehingga nama mereka dapat diusulkan untuk segera dilantik menjadi anggota DPRD. Seluruh LHKPN itu harus diserahkan selambat-lambatnya tujuh hari setelah mereka ditetapkan menjadi calon terpilih.

Loading...
;

“Kalau tidak ada yang memasukan [LHKPN], kami tidak usulkan, dan calon terpilih ini bisa digantikan untuk memenuhi kuota. Akan tetapi nantinya [kami] akan meminta petunjuk lebih lanjut, karena kami tidak bisa sewenang-wenang memutuskan siapa menggantikan siapa. [Itu juga bergantung partai masing-masing,” kata Aronggear.

Sejumlah 30 calon anggota DPRD Jayawijaya yang ditetapkan merupakan perpaduan antara wajah lama dan wajah baru. Uniknya, dari 16 partai partai politik peserta Pemilihan Umum 2019 di Jayawijaya, hanya ada tiga partai politik yang tidak kebagian kursi DPRD Jayawijaya. Ketiga partai itu adalah Partai Gerindra, PPP, dan Partai Berkarya. Perolehan kursi di antara 13 partai politik peserta Pemilihan Umum 2019 pun relatif merata.

Wakil Kepala Kepolisian Resor Jayawijaya, AKP Leonardo Yoga menjelaskan pada Rabu KPU Yalimo juga menggelar rapat pleno penetapan calon anggota DPRD Yalimo terpilih. Ia menyatakan rapat pleno KPU Jayawijaya maupun KPU Yalimo berlangsung aman.

Ia mengaku pihaknya telah melakukan sejumlah antisipasi untuk mencegah hal yang tidak diinginkan, termasuk dengan merazia minuman beralkohol dan menambah patroli. “Kita tetap mengantisipasi situasi keamanan dan ketertiban pasca rapat pleno penetapan [caleg terpilih] itu.  Kami berharap suasana [akan tetap aman dan kondosif] sampai saat pelantikan nanti,” kata Leonardo. (*)

Editor: Aryo Wisanggeni G

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top