Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Kucuran Dana Otsus macet 7 bulan, kinerja MRP terganggu

Ketua Majelis Rakyat Papua, Timotius Murib – Jubi/Roy Ratumakin.

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Ketua Majelis Rakyat Papua atau MRP, Timotius Murib menyatakan hingga pekan pertama bulan Juni ini pemerintah pusat belum juga mengucurkan Dana Otonomi Khusus (Otsus Papua) kepada Pemerintah Provinsi Papua. Hal itu berdampak terhadap kinerja MRP, karena pembiayaan aktivitas MRP sepenuhnya bersumber dari Dana Otsus Papua.

Hal itu disampaikan Murib di Jayapura, Kamis (4/7/2019). “Jakarta belum kucurkan dana otonomi khusus sampai bulan ke tujuh ini,”ungkap Timotius Murib kepada jurnalis Jubi di Kota Jayapura, Papua.

Murib menyatakan macetnya kucuran Dana Otsus Papua kepada Pemerintah Provinsi Papua itu membuat MRP tidak bisa sepenuhnya menjalankan tugas dan kewenangan yang diberikan Undang-undang Nomor 21 Tahun 2001 tentang Otsus Papua (UU Otsus Papua). “[Pembiayaan kegiatan] sepenuhnya [bersumber dari] Dana Otsus Papua. [Karena Pemerintah Provinsi Papua belum menerima kucuran Dana Otsus Papua], MRP tidak bisa melakukan kegiatan,”ungkap Murib.

Murib menyatakan UU Otsus Papua mengatur tugas MRP untuk menjaga keutuhan negara, membina kerukunan di antara umat beragama, dan mendorong pemberdayaan perempuan di Papua. Selain itu, UU Otsus Papua memberi MRP wewenang untuk melindungi dan memperjuangkan hak orang asli Papua.

Loading...
;

Menurut Murib, selama enam bulan terakhir MRP tidak bisa mengawal pelaksanaan pelayanan kesehatan dan pendidikan, program pemberdayaan ekonomi orang asli Papua yang dijalankan pemerintah, maupun pembangunan infrastruktur di Papua. Padahal, hal-hal itu merupakan fokus Otsus Papua. Murib menegaskan, keterlambatan kucuran Dana Otsus Papua dari pemerintah pusat  itu telah membuat agenda MRP untuk menyelamatkan manusia dan tanah Papua terhambat.

Ia mengingatkan keterlambatan kucuran Dana Otsus Papua hingga tujuh bulan merupakan preseden buruk bagi pelaksanaan Otsus Papua. Pemerintah pusat selalu menyatakan Indonesia sedang membangun Papua melalui Otsus Papua, akan tetapi dalam kenyataannya pemerintah pusat bahkan terlambat mengucurkan Dana Otsus Papua. Jika selama ini pemerintah pusat selalu memberi penilaian buruk terhadap kinerja para pemimpin Papua dalam menjalankan Otsus Papua, demikian kata Murib, kali ini pemerintah pusat jelas-jelas menjadi bagian dari kegagalan Otsus Papua.

“Selama ini [pemerintah pusat terus] berbicara [tentang] kelemahan para pemimpin Papua. [Kini pemerintah pusat menunjukkan dengan jelas kelemahannya, karena sampai sekarang belum berhasil mengirim Dana Otsus Papua [kepada Pemerintah Provinsi Papua],” kata Murib. (*)

Editor: Aryo Wisanggeni G

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top