Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Langgar peraturan imigrasi, kru program televisi Australia ditahan di Kiribati

Kru program tv 60 Minutes beranggotakan lima orang ditahan di sebuah motel. – The Guardian/Paul Miller/AAP

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Tarawa, Jubi – Kru program televisi Australia 60 Minutes, yang beranggotakan lima orang, telah ditahan di sebuah motel oleh otoritas Imigrasi Kiribati pada Selasa, 29 Oktober, setelah pihak berwenang menerima laporan tentang tujuan tim itu, untuk membuat film di negara tersebut.

Anggota-anggota kru Itu dijaga oleh petugas Imigrasi di motel Utirerei, tempat mereka tinggal di Ambo, dan tidak diizinkan meninggalkan kompleks sampai penerbangan keberangkatan mereka pada Kamis 31 Oktober.

Tim tersebut termasuk jurnalis yang bekerja untuk Channel 9, Liam Bartlett, yang memasuki Kiribati pada 28 Oktober. Pada saat mereka sampai, setiap anggota kru menyatakan tujuan masuk adalah untuk menghadiri ‘pertemuan’.

Keesokan harinya, tim itu pergi ke kantor Technical Mission Taiwan yang sudah ditutup untuk memfilmkan kantor tersebut, dalam upaya mereka untuk meliput cerita tentang keputusan Kiribati untuk mengalihkan hubungan diplomatik dari Taiwan ke Tiongkok.

Loading...
;

Imigrasi menangkap basah tim itu sedang syuting dan menghentikan mereka, karena ini bukan alasan yang mereka sediakan saat ditanyai waktu mendarat.

“Seorang juru kamera dan seorang jurnalis berada di bekas misi Taiwan, itu sama sekali bukan ‘pertemuan’. Ini adalah pelanggaran yang disengaja atas ketetapan dari izin berkunjung, yang diberikan kepada mereka ketika mereka sampai,” menurut pernyataan pemerintah.

Ketika diinterogasi oleh petugas imigrasi, tim itu mengakui bahwa mereka sudah menghubungi Kantor Presiden untuk meminta izin syuting, tetapi tidak bisa menunggu proses dan persetujuan karena mereka memiliki jadwal yang ketat dan tidak dapat mengubah tiket mereka.

Kantor Presiden, yang bertanggung jawab untuk menerbitkan semua izin pengambilan gambar dan penelitian untuk semua orang asing, mengungkapkan keprihatinan mereka atas pelanggaran 60 Minutes terhadap hukum Kiribati.

Kru 60 Minutes telah meninggalkan negara itu dengan penerbangan Kamis (31/10/2019) ke Kepulauan Solomon. (Kiribati Government)

Editor: Kristianto Galuwo

Baca artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top