Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Layanan pendidikan dan kesehatan masih harus banyak dibenahi

Anggota DPRD Kabupaten Jayapura berpose bersama aparat distrik dan kampung seusai Musrenbang Kampung Kampung Benyom Jaya II Distrik Nimbokrang, bulan lalu – Jubi/Engelbert Wally.

Papua No.1 News Portal | Jubi

Sentani, Jubi – Masyarakat masih kerap mengeluhkan pelayanan pendidikan dan kesehatan di Kabupaten Jayapura. Itu sebabnya pembangunan fasilitas pendidikan dan kesehatan termasuk paling sering diusulkan dalam setiap musyawarah rencana pembangunan (musrenbang) di setiap kampung maupun distrik.

“Perihal (kebutuhan) mendasar masyarakat saat ini ialah pendidikan dan kesehatan. Itu harus menjadi perhatian serius pemerintah daerah,” kata Ketua Komisi C DPRD Kabupaten Jayapura Piet Haryanto Soyan, Kamis (5/12/2019).

Piet mengungkapkan banyak warga mengeluhkan kondisi fasilitas kesehatan yang jauh dari perkampungan penduduk. Ruangan pelayanan dan fasilitasnya juga terbatas. Keluhan serupa terjadi pada pelayanan pendidikan.

“Masih banyak sekolah minim fasilitas padahal lokasinya tidak jauh dari perkotaaan. Gurunya juga (sering) tidak di tempat (mengajar) sehingga tidak ada aktivitas belajar-mengajar di sekolah,” ungkapnya.

Piet berjanji mengawal semua usulan masyarakat yang diajukan saat musrenbang kampung hingga kabupaten. “Pemerintah (Kabupaten Jayapura) seharusnya kembali (memerhatikan) lagi rencana pembangunan jangka menengah daerah. Semua kebijakan harus sejalan dengan rencana tersebut.”

Ketua Komisi B DPRD Kabupaten Jayapura Eymus Weya menambahkan pemerintah kabupaten tidak melampirkan rencana kerja pemerintah daerah (RKPD) sewaktu pengesahan Kebijakan Umum Anggaran/Prioritas Plafon Anggaran Sementara 2019. “Dokumen itu (RKPD) menjadi dasar pengawasan kami terhadap kinerja pemerintah daerah.” (*)

Loading...
;

 

Editor: Aries Munandar

Baca artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top