HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Lebih dari tebu, sektor pertanian Fiji perlu diperluas

Perkebunan tebu di Fiji. – RNZI/Sally Round

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Suva, Jubi – Seorang pakar pertanian berkata mereka perlu melakukan modernisasi dalam cara budi daya tanaman tebu, dan memperluas sektornya dengan bertani tanaman lainnya.

Jatinder Singh Wahan adalah seorang pengusaha dari India yang telah mempelajari sektor and metode pertanian di Fiji selama dua bulan terakhir. Menurut Singh, petani di Fiji memerlukan lebih banyak insentif dan bantuan untuk meningkatkan hasil panen tebu, serta benih sayuran yang dibuat khusus untuk kondisi lingkungan mereka.

“Ini bukan perubahan yang besar-besaran. Satu hal yang penting adalah perubahan itu perlu diimplementasikan di lapangan,” jelasnya Singh.

“Sudah cukup pertemuan, sudah cukup diskusi, sudah cukup konferensi. Mereka perlu keluar ke lapangan, bertemu langsung dengan orang-orang, mendorong mereka, libatkan mereka secara langsung. Pemerintah harus memiliki pusat pengembangan (model farms).”

Loading...
;

Singh juga mengatakan bahwa menanam tanaman lain di antara barisan tebu, menanam tumbuhan tebu baru setelah tiga tahun, dan mengairi tanah dengan sistem irigasi telah terbukti meningkatkan pendapatan petani di India.

Meski gula juga adalah produk yang baik dan masih sangat diminati, menurut Singh sudah waktunya bagi Fiji untuk mengembangkan produk pertanian lainnya – terutama dengan iklimnya yang optimal, and tanah yang subur dan berlimpah.

“Kita perlu meningkatkan kualitas benihnya terlebih dahulu, kita perlu mengembangkan varietas tanaman yang sesuai dengan iklim lokal.”

Singh lalu berkata ia belum mengamati banyak dampak dari perubahan iklim bagi tanaman, saat dia berkeliling di daerah pertanian di Fiji.

Sementara itu, pemerintah Fiji telah mengumumkan rencananya untuk memperluas peran dari badan pemasaran khusus sektor pertaniannya, untuk meningkatkan produksi pertanian.

Menteri Pertanian, Mahendra Reddy, berkata kepada kelompok petani di Rakiraki, bahwa badan Agriculture Marketing Authority (AMA) “siap untuk membeli semua hasil panen dari petani Fiji dalam waktu dekat.”

Dia menerangkan bahwa AMA akan membeli, menjual, mengekspor, dan menemukan pasarannya.

Sistem kartu identitas khusus petani juga akan diluncurkan, untuk memungkinkan pemerintah untuk berurusan dengan petani. (RNZI/Sally Round)


Editor: Kristianto Galuwo

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)