Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Legislator Papua: Kinerja Disorda Papua perlu dievaluasi

Stadion Papua Bangkit, stadion utama pelaksanaan PON Papua – Jubi/Arjuna Pademme.

 

Papua No. 1 News Portal | Jubi 

“Saya dapat informasi, dalam Disorda sendiri tidak ada sinergi antara pimpinan dan para kepala bidang. Padahal dinas ini berperan utama mempersiapkan PON. Kalau di dalam tidak bersinergi, bagaimana dengan pihak lain yang mendukung dari luar,” kata Liku Bolly akhir pekan kemarin. 

 

Jayapura, Jubi – Legislator Papua, Irenius Liku Bolly menilai, kinerja Dinas Olah raga dan Pemuda (Disorda) Papua dalam mempersiapkan pelaksanaan Pekan Olah raga Nasional (PON) XX di Papua, 2020 mendatang tak berjalan maksimal.

Loading...
;

Padahal instansi itu dianggap mestinya paling berperan aktif untuk mensukseskan persiapan pelaksanaan event empat tahunan tersebut.

“Saya dapat informasi, dalam Disorda sendiri tidak ada sinergi antara pimpinan dan para kepala bidang. Padahal dinas ini berperan utama mempersiapkan PON. Kalau di dalam tidak bersinergi, bagaimana dengan pihak lain yang mendukung dari luar,” kata Liku Bolly akhir pekan kemarin.

Menurutnya, tidak menutup kemungkinan hal tersebut dapat terjadi lantaran kini posisi pimpinan Disorda ditempati pelaksana tugas (Plt), sehingga kewenangannya terbatas.

Ia berharap, jabatan Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda (Kadisorda) juga ikut dilelangkan seperti jabatan pimpinan instansi lain di lingkungan Pemprov Papua dalam perampingan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) nantinya.

“Kalau memang ada pihak yang berkompeten menempati posisi itu, dia yang menjabat atau kalau Plt kini mumpuni, dapat melanjutkan jabatannya dan diangkat sebagai Kadisorda tetap,” ucapnya.

Kata Liku Bolly, OPD terkait di Pemprov Papua terutama Disorda, mestinya berinisiatif membuat berbagai terobosan mempercepat kesiapan infrastruktur PON, terutama venue yang belum tuntas dikerjakan.

“Jangan selalu menunggu gubernur. Kalau semua hanya menunggu dan menunggu kapan bisa selesai,” ujarnya.

Legislator Papua lainnya, Thomas Sondegau juga mengingatkan OPD terkait serius menyelesaikan pembangunan venue cabang olahraga (Cabor) PON.

“DPR Papua sudah membentuk Pansus PON mengawal itu, baik pembahasannya dan anggarannya, termasuk kegiatan fisik yang dilakukan Dinas PU dan Disorda,” kata Thomas Sondegau.

Kata Thomas Sondegau, untuk venue pendukung, tidak semua dibangun baru. Namun ada yang hanya direnovasi misalnya Gedung Olahraga (GOR) seperti GOR Waringin milik Pemkot Jayapura, Stadion Mandala Jayapura dan beberapa fasilitas olahraga lainnya di lima klaster tempat cabor PON dipertandingkan.

“Kami DPR Papua akan mengawal dan melakukan pengawasan pembangunan venue PON. Akan kami pastikan kegiatan mana yang sudah selesai dan mana yang belum,” ucapnya. (*)

 

Reporter         : Arjuna Pademme

Editor              : Edho Sinaga 

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top