Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Legislator wanti-wanti Kepala OPD Pemprov Papua bijak gunakan anggaran

Suasana pelantikan pimpinan OPD di lingkungan Pemprov Papua – Jubi. Dok

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Ketua Fraksi PAN DPR Papua, Sinut Busup berharap para pimpinan organisasi perangkat daerah atau OPD di lingkungan Pemprov Papua bijaksana mengelola anggaran di instansi yang dipimpinnya.

Pernyataan itu dikatakan Sinut Busup menyusul pelantikan 28 pimpinan OPD di lingkungan Pemprov Papua oleh Wakil Gubernur Papua, Klemen Tinal di Gedung Negara, Kamis (23/1/2020).

Sinut Busup mengatakan, masih banyak aspirasi dan harapan masyarakat yang belum mampu dijawab OPD misalnya dalam bidang ekonomi, infrastruktur dan bidang lainnya.

“Kami berharap pimpinan OPD yang baru dilantik ini benar-benar menggunakan anggaran di OPD yang dipimpinnya sesuai peruntukannya,” kata Sinut Busup, Kamis (23/1/2020).

Menurutnya, OPD yang menangani masalah infrastruktur mesti memperhatikan beberapa kabupaten di Papua yang kini butuh pembangunan akses jalan dan jembatan misalnya Kabupaten Yalimo, Yahukimo, Pegunungan Bintang, Puncak, Nduga, Intan Jaya dan beberapa daerah lainnya.

“Selama ini aspirasi yang disampaikan masyarakat kepada kami saat reses ke daerah pemilihan kami atau melakukan kunker, tidak pernah ditindaklanjuti teman-teman di OPD. Padahal kami sudah berupaya memperjuangkannya,” ujar Sinut Busup.

Loading...
;

Selain itu kata Busup, para pimpinan OPD jangan terkesan menganggarkan program kerja hanya untuk daerah-daerah tertentu, sementara wilayah lain diabaikan.

“Selama ini ada kesan seperti itu. Sekarang ini mestinya pembangunan dari wilayah pegunungan. Misalnya Intan Jaya, Puncak, Nduga, Yalimo, Pegunungan Bintang dan lainnya. Kabupaten Bovendigoel, Asmat dan Mappi juga selama ini sangat minim disentuh APBD provinsi. Mesti ada pemerataan,” ucapnya.

Sementara, Wakil Gubernur Papua, Klemen Tinal dalam arahannya ketika pelantikan puluhan pimpinan OPD mengatakan, ini dilakukan agar apa yang sudah diputuskan dalam APBD Papua bisa dilaksankan.

“Apa yang dilakukan hari ini akan menjadi contoh bagi daerah lain di Indonesia, Papua telah menjalankan kebijakan Presiden Jokowi, yakni miskin struktur tapi kaya fungsi,” kata Klemen Tinal.

Para pimpinan OPD yang baru dilantik diminta memberikan contoh yang baik. Sebab, jabatan tidak harus menunjukkan sikap otoriter dan percaya diri berlebihan. (*)

Editor: Edho Sinaga

Baca artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top