Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Lembaga adat se – kabupaten Nabire komitmen Nabire damai

peserta diskusi coffee morning di Nabire pose bersama – Jubi/Titus Ruban.

Papua No. 1 News Portal | Jubi
Nabire, Jubi – Lembaga adat sekabupaten Nabire berkomitmen menjaga keamanan dan kenyamanan daerah. Komitmen tersebut dinyatakan dalam pertemuan bersama pada acara coffee morning di salah satu rumah makan di Nabire. Rabu, (15/10/2019).

Mereka adalah Lembaga Masyarakat Adat (LMA), Dewan Adat Papua (DAP) wilayah Nabire, Badan Musyawarah Adat (BMA) suku – suku serta para kepala suku yang ada di Nabire. Pertemuan juga dihadiri oleh Kapolres Nabire dan Dandim 1705/Paniai.

Ketua LMA Nabire, Socrates Sayori mengatakan pihaknya melaksanakan pertemuan bersama untuk menyikapi situasi keamanan dan berkomitmen untuk bersama – sama menjaga damai di Kabupaten ini.

Pertemuan itu juga bertujuan menyamakan persepsi demi terciptanya daerah yang aman dan damai bagi seluruh masyarakat. Baik aman dan damai jelang pelantikan presiden, Natal, tahun baru bahkan selamanya.

“Kami meminta semua pihak untuk menghargai pemilik hak ulayat di Nabire, yang kami inginkan adalah daerah ini harus aman. Mari kita semua jaga hal itu. Kami juga ingin Nabire selalu aman dan menjadi contoh untuk daerah lain,” ujar Sayori.

Loading...
;

Untuk itu, sikap dan komitmen ini, kata Sayori, tidak hanya sebatas di pertemuan namun akan dilanjutkan oleh kepala – kepala suku sampai kepada masyarakatnya, termasuk melalui media massa.

“Jadi kita tidak sebatas kumpul dan bilang aman. Tapi akan ada utusan dari masing – masing suku untuk sampaikan kepada masyarakatnya untuk semua jaga Nabire aman. Kami sangat berharap hal ini disampaikan kepada seluruh masyarakat Kabupaten Nabire,” terangnya.

Kepala suku Waropen, Peter Worabai menambahkan jika pemilik hal ulayat sudah berkomitmen dan menyatakan Nabire harus aman, maka sebagai pendatang (bukan pemilik hak ulayat) harus ikut mendukung.

“Bagi saya, kalau tuan tanah sudah bilang begitu maka kita yanng pendatang harus tunduk dan bersama – sama jaga Nabire agar aman,” tambahnya.

Kapolres Nabire, AKBP Sonny T Nugroho, berterima kasih atas undangan dari lembaga adat. Iya juga mengapresiasi langkah dan komitmen lembaga adat di Nabire yang menginginkan daerah ini terus aman.

“Saya apresiasi dan berterima kasih kepaka bapak – bapak. Karena komitmen ini merupakan bagian dari lembaga adat mendukung kinerja Polres guna menciptakan keamanan di Nabire,” terangnya.(*)

Editor: Syam Terrajana

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top