HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Lima kampung di Raja Ampat mulai menikmati aliran listrik PLN

Pengerjaan penyambungan kabel listrik PLN ke rumah pelanggan di lima kampung yang berada di Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat. – Dok. PLN Unit Induk Wilayah Papua dan Papua Barat

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Sejumlah lima kampung di Pulau Misool, Kabupaten Raja Ampat, Provinsi Papua Barat mulai menikmati aliran listrik PLN sejak Rabu (14/5/2019). Kelima kampung itu, Fafanlap, Yellu, Harapan Jaya, Gamta dan Magey, mendapat aliran listrik berdaya mampu 240 kilowatt.

Kelima desa itu terletak di Pulau Misool yang jauh dari Waisai, ibukota Kabupaten Raja Ampat. Misool hanya bisa dijangkau dengan speed boat, dan perjalanan dari Waisai ke Pulau Misool bisa memakan waktu antara lima hingga tujuh jam. Dari 117 kampung yang ada di Raja Ampat, hanya 18 kampung yang teraliri listrik PLN.

Sejak Rabu lalu, jumlah kampung Raja Ampat yang teraliri listrik bertambah menjadi 23 kampung, setelah Fafanlap, Yellu, Harapan Jaya, Gamta dan Magey menikmati terangnya listrik PLN. “Pelayanan listrik di kelima kampung itu bagian dari Program Papua Terang,” ujar Manager Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan PLN Sorong, Albert Safaria dalam siaran pers yang diterima Jubi pada Kamis (16/5/2019).

Albert menyatakan PLN sedang menyelesaikan kelistrikan di Usaha Jaya, Tomolol, Folley, Yenwaupnor. “Kini sudah tinggal memasang meteran listrik di rumah warga. Kami berharap pemasangan meteran cepat selesai, agar kampung itu segera mendapatkan aliran listrik,” tambahnya.

Loading...
;

Secara bertahap, PLN tengah mengoperasikan empat Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) baru di Raja Ampat. PLTD itu  berada di Fafanlap (2 x 80 kilowatt), Yellu (2 x 80 kilowatt) , dan Harapan Jaya ( 2 x40 kilowatt). Dua PLTD lain yang masing-masing berkapasitas 40 kilowatt ditempatkan Gamta dan Magey. “Empat petugas disiapkan sebagai operator di pembangkit-pembangkit tersebut,” ujar Albert.

Humas PLN Unit Induk Wilayah Papua dan Papua Barat, Septian menambahkan PLN juga sedang menyiapkan pembangunan pembangkit sistem besar Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas (PLTMG) berkapasitas 2 x 10 megawatt di Kabupaten Raja Ampat. Hinggi kini PLN masih melalukan survey untuk memilih lokasi penempatan PLTMG itu. Saat ini, daya mampu PLN di Raja Ampat baru mencapai 2,2 megawatt.(*)

Editor: Aryo Wisanggeni G

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top