Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Lima personil keamanan dievakuasi ke Timika

Aksi demonstrasi menolak rasisme lanjutan di Kota Jayapura – Jubi/Agus Pabika.

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Lima anggota TNI dan Polri yang mengalami luka akibat bentrok anti rasisme di Kantor Bupati Deiyai di Waghete, Papua dievaluasi ke Timika, Kabupaten Mimika, Kamis (29/8/2019).

Hal ini dikatakan Juru Bicara Kodam XVII/Cenderawasih Letkol Cpl Eko Daryanto kepada wartawan melalui sambungan telepon selularnya.

“Pagi tadi baru diterbangkan dari Deiyai menuju Timika menggunakan helikopter,” katanya, Kamis (29/8/2019).

Disinggung apakah ada satu anggota Polri meninggal dunia akibat terkena panah pada lehernya, Eko mengatakan dirinya belum menerima laporan tersebut.

Loading...
;

“Saya belum terima laporan tersebut. Yang saya terima adalah anggota yang mengalami luka dievakuasi. Sedangkan untuk aparat yang meninggal masih sama dengan semalam yaitu Serda Rikson,” ujarnya.

Sementara itu, aksi susulan kembali terjadi di Abepura, Kota Jayapura. Massa aksi berkumpul di sejumlah titik diantaranya di wilayah Expo Waena, Perumnas 3, dan Lingkaran Abepura.

Massa sempat berbuat anarkis dengan melempar batu ke arah aparat yang melakukan pengamanan. Akibatnya, mobil Dinas Dandim 1701/Jayapura Letkol Inf. Johanis Parinussa megalami kerusakan.

“Iya betul mobil dirusak, sekarang sudah dibawa ke bengkel,” kata Dandim 1701/Jayapura Letkol Inf. Johanis Parinussa yang dihubungi melalui sambungan telepon.

Di tempat terpisah Juru Bicara Polres Jayapura Kota, Iptu. Jahja Rumra membenarkan bila massa aksi di Expo, Waena sempat berbuat anarkis ke arah aparat.

“Tadi mereka sempat lempar truk polisi tapi mereka sudah minta maaf dan situasi kembali normal lagi. Koordinator massa masih komunikatif dengan aparat,” ujarnya.

Jahja mengatakan, ada kelompok massa lainnya yang bergerak dari arah Sentani, Kabupaten Jayapura dan akan bergabung dengan massa lain yang ada di Expo, Waena.

“Informasinya dari Sentani mau bergabung,” katanya.

Disinggung soal jumlah massa aksi, Jahja memperkirakan sudah mencapai 500 orang yang berkumpul di Waena dan jumlah aparat gabungan yang bersiaga sebanyak 500 personil TNI-Polri. (*)

Editor : Edho Sinaga

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top