HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Lindungi koruptor, Menteri Kepolisian PNG pecat Komisaris Polisi

Mantan Komisaris Polisi PNG, Gari Baki. – The National

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Port Moresby, Jubi – Menteri Kepolisian Papua Nugini (PNG) Bryan Kramer, telah menuduh Komisaris Polisi Gari Baki melindungi ‘politisi yang korup’, gagal menyelesaikan dan tidak menginvestigasi satu pun dari mereka, selama empat tahun terakhir.

Anggota parlemen (MP) Kramer mengungkapkan hal itu saat menanggapi pernyataan Baki, bahwa dia memiliki laporan terhadap 40 orang MP dari kedua sisi parlemen yang perlu diusut.

MP Kramer berkata, “Dia gagal menyelesaikan investigasi itu dan melindungi politisi-politisi yang korup. Lalu sekarang dia ingin memeriksa mereka. Di mana dia selama ini? Dia sudah memiliki laporan-laporan itu selama ini.”

Faktanya adalah, ada banyak keluhan dan laporan atas para MP selama ia menjabat, dan dia telah campur tangan dan mempersulit tim penyidik. Sudah empat tahun dia melakukan hal itu.”

Loading...
;

Kramer menegaskan bahwa Baki seharusnya menugaskan investigasi atas para MP itu, dilakukan oleh pejabat-pejabat senior lainnya yang juga berkualifikasi.

Ada banyak petugas kepolisian lainnya yang bisa melakukan penyidikan atas MP-MP, dengan dugaan penipuan atau korupsi,” katanya.

Kramer menerangkan bahwa penyelidikan atas lebih dari 40 MP itu ‘masih akan dilanjutkan’.

Kramer juga membela penunjukan Francis Tokura sebagai Plt. Komisaris Polisi “ini demi kepentingan Bougainville dan Papua Nugini.”

Penunjukan Tokura ini karena prestasinya, dan untuk memastikan ada stabilitas dan perdamaian selama referendum,” tambahnya.

Sebaliknya, Baki mengklaim bahwa perubahan dalam kepemimpinan ini adalah untuk “melindungi mereka yang berkuasa”.

MP Kramer juga mengungkapkan bahwa karena kontrak Baki sebenarnya telah berakhir pada 7 Mei lalu, jadi setelah itu ‘dia telah bekerja dengan ilegal’, karena tidak ada pemberitahuan atau instruksi pemerintah yang memberi wewenang padanya, untuk terus memegang posisi tersebut. (The National)


Editor: Kristianto Galuwo

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top