Lobi antar-parpol Kepulauan Solomon hampir selesai

Lobi antar-parpol Kepulauan Solomon hampir selesai

Sebuah koalisi besar yang dipimpin oleh Mathew Wale dari partai Solomon Islands Democratic Party (SIDP) mulai terbentuk. – RNZI

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Honiara, Jubi – Dua faksi politik besar mulai dibentuk Kamis lalu (11/4/2019), saat anggota-anggota parlemen (MP) yang baru terpilih bergerak, untuk membentuk pemerintah berikutnya.

Koalisi terbesar kemungkinan akan dipimpin oleh Partai Demokrat Kepulauan Solomon, Solomon Islands Democratic Party (SIDP) di bawah Mathew Wale, sudah mulai terbentuk menurut beberapa orang dalam kepada koran Solomon Star. Kelompok ini dilaporkan telah berdiam di Heritage Park Hotel di Honiara untuk lobi dan negosiasi.

Koalisi ini dikatakan terdiri dari SIDP, United Democratic Party (UDP), People’s Alliance Party (PAP), Solomon Islands People’s First Party (SIPFP), Democratic Alliance Party(DAP), dan Solomon Islands United Party (UP).

“Mereka hampir mendapatkan 26 kursi yang diperlukan untuk membentuk pemerintahan berikutnya,” kata seorang sumber di dalam partai.

“Saat ini mereka tinggal merampungkan semua dokumen, namun mereka memilih untuk tidak mengumumkan apa-apa pada tahap ini,” tambah orang dalam itu.

Partai SIDP Wale memenangkan delapan kursi dalam pemilu 3 April.

Sementara itu, Partai Kadere yang juga memenangkan delapan kursi, dikatakan sedang mengumpulkan fraksi kedua. Partai Kadere sebelumnya mengklaim mereka memiliki sejumlah kandidat terafiliasi yang juga maju sebagai calon independen. Klaim adanya ‘anggota terafiliasi’ ini tidak memiliki dasar hukum.

Saingan terbaru, parpol Our Party bentukan Manasseh Sogavare, telah disetujui dan didaftarkan pada komisi Political Parties Commission pekan lalu.

Sogavare maju dalam pemilu sebagai independen, ia dinilai berpeluang tinggi untuk memimpin beberapa dari 21 MP independen yang menang. Sogavare juga dikatakan sudah bertemu dengan Kadere.

“Sogavare kemungkinan besar akan menjadi kandidat PM untuk koalisi Our Party-Kadere,” menurut sumber terpercaya.

Namun Jumat lalu, Presiden Partai Kadere, telah menyatakan bahwa, hingga saat itu, partainya belum menentukan aliansi mereka. Menurut Peter Boyers, setidaknya separuh dari MP-nya yang terpilih masih berada di dapil mereka masing-masing.

Para MP terpilih dijadwalkan akan mengambil sumpah mereka minggu ini. Nominasi untuk posisi PM akan dimulai setelah itu. (Solomon Star)


Editor: Kristianto Galuwo

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Populer

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)