Logistik Pemilu di Kabupaten ini rusak terkena hujan

Logistik Pemilu di Kabupaten ini rusak terkena hujan

Pelipatan surat suara, Doc/Jubi

Sekitar 90 kotak suara dan 300 surat suara rusak, serta beberapa dokumen lainnya di Kecamatan Klakah dan Kecamatan Padang terkena rembesan air hujan.

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jember, Jubi – Puluhan kotak suara dan ratusan surat suara di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur rusak karena terkena air hujan saat pendistribusian logistik Pemilu ke dua kecamatan di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

“Sehingga harus diganti,” kata Ketua Komisi Pemilihan Umum Lumajang, Siti Mudawiyah, Senin, (15/4/2019).

Berita terkait : KPUD terpaksa berhutang untuk distribusi logistik Pemilu

Logistik Pemilu ke wilayah pegunungan Papua mulai didistribusikan

Logistik Pemilu di Papua berkualitas rendah

Menurut dia sekitar 90 kotak suara dan 300 surat suara rusak, serta beberapa dokumen lainnya di Kecamatan Klakah dan Kecamatan Padang terkena rembesan air hujan. Kerusakan kotak dan surat suara terjadi saat pendistribusian logistik Pemilu di panitia pemilihan kecamatan (PPK) Klakah dan PPK Padang pada Minggu (14/4/2019). Truk pengangkut logistik diguyur hujan deras hingga air masuk ke dalam truk yang tertutup dengan terpal.

Awalnya KPU sempat menunda pemberangkatan truk logistik Pemilu dari gudang KPU ke PPK Klakah dan Padang karena hujan deras. “Namun saat hujan sudah reda, truk diberangkatkan dan tiba-tiba di tengah perjalanan menuju dua kecamatan itu hujan deras kembali mengguyur,” kata Siti menjelaskan.

Ia mengatakan kotak suara yang lengkap berisi surat suara dan dokumen lainnya dibungkus plastik, namun tetap saja ada celah yang memungkinkan air masuk ke dalam plastik tersebut, sehingga sejumlah dokumen dan surat suara rusak terkena air hujan.

Mudawiyah menjelaskan KPU Lumajang terpaksa membuka kotak suara yang tersegel untuk melakukan penggantian surat suara dan dokumen lainnya yang rusak dengan mendapat pengawasan yang ketat dari Bawaslu Lumajang, sehingga area penggantian kotak dan surat suara juga disterilkan dengan garis polisi (police line) di PPK Klakah.

“Alhamdulillah semua kotak suara, surat suara, dan dokumen yang rusak sudah diganti, sehingga tidak mengganggu pemungutan surat suara nanti,” katanya.

Baca juga : KPU Papua pastikan tak ada kendala terkait distribusi logistik Pemilu

Polres Merauke minta KPU informasikan mekanisme pendistribusian logistik pemilu

Ia mengatakan kotak suara TPS yang rusak akan diganti dengan menggunakan kotak suara penghitungan yang berada di kecamatan dan pihaknya masih meminta tambahan kotak suara dari KPU pusat, serta berkoordinasi dengan KPU di kabupaten tetangga yang memiliki kelebihan kotak suara.

Anggota Bawaslu Lumajang, Mujadid, mengatakan langsung menuju ke PPK Klakah saat mendapat informasi kotak dan surat suara yang rusak akibat air hujan.

“Kami juga mengawasi dengan ketat pembukaan kotak suara yang rusak karena di dalamnya terdapat suara suara yang rusak terpapar air hujan, bahkan perwakilan tim sukses masing-masing pasangan calon dan partai politik juga di sana untuk memantau,”  kata Mujadid. (*)

Editor : Edi Faisol

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Populer

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)