Logistik  Pemilu untuk 23 distrik di Nduga harus dikirim dengan helikopter

Logistik  Pemilu untuk 23 distrik di Nduga harus dikirim dengan helikopter

Pelajar SMK Negeri 1 Merauke melipat surat suara Pemilu 2019, Selasa (26/2/2019) – Jubi/Frans L Kobun

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Nduga, Papua, akan mendistribusikan logistik Pemilihan Umum 2019 ke 23 distrik dengan helikopter sewaan. Sekretaris KPU Kabupaten Nduga Bliher Simanjuntak pengiriman surat suara dan berbagai dokumen Pemilihan Umum 2019 itu akan dimulai pada 20 Maret hingga April.

Hal itu dinyatakan Simanjuntak di Wamena, ibukota Kabupaten Jayawijaya, Papua, Rabu (13/3/2019). Simanjuntak menjelaskan, logistik Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 bagi 32 distrik yang ada Kabupaten Nduga akan dikirimkan dari dua titik, yaitu Keneyam, ibukota Kabupaten Nduga, dan Wamena.

“Dari Keneyam, hanya bisa dilakukan pengiriman jalur darat ke Distrik Keneyam dan Distrik Distrik Repkuri. Sedangkan pengiriman ke Distrik Yigi, Mugi, Mapenduma, dan Mam bisa dilakukan dengan pesawat berbadan kecil. Akan tetapi, pengiriman ke 23 distrik lainnya hanya bisa dilakukan dengan helikopter,” kata Simanjuntak.

Selain itu, ada tiga distrik Kabupaten Nduga yang akan mendapatkan kiriman logistik melalui jalan darat dari Wamena. Ketiga distrik yang bisa dijangkau jalan darat dari Wamena itu adalah Mbua, Mbuyalma, dan Ndal.

Menurut SImanjuntak, saat ini Komisi Pemilihan Umum Nduga sedang melipat, menyortir, dan mengemas seluruh surat suara. “Harapan kami, pelipatan dan penyortiran seluruh surat suara selesai pada 1 April. Pengiriman dari Keneyam menuju 29 distrik membutuhkan waktu 10 hari.

Kabupaten Nduga memiliki 32 distrik yang terbagi dalam 248 kampung. Pemungutan suara di Nduga akan dilakukan di 465 tempat pemungutan suara. Simanjuntak mengatakan bahwa distribusi logistik ke distrik-distrik itu akan dilakukan bersamaan dengan pengiriman anggota Panitia Pemilihan Distrik untuk mengawasi logistik di setiap distrik.(*)

Editor: Aryo Wisanggeni G

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Populer

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)