Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Lomba kandang Natal dari bahan daur ulang

Guru dan siswa berpose di depan kandang Natal di TK Bernadethe Merauke – Jubi/Frans L Kobun.

Papua No.1 News Portal | Jubi

Merauke, Jubi – Taman Kanak-Kanak (TK) Bernadethe Merauke menggelar lomba pembuatan kandang Natal antarkelas. Perlombaan yang melibatkan para orang tua siswa itu memfaatkan bahan dari daur ulang plastik dan barang bekas lain.

“Perlombaan dimulai sejak beberapa waktu lalu, dan hasil penilaiannya diumumkan kemarin. Tim jurinya berasal dari komite sekolah, pastor penyelenggara, dan daikon,” kata Kepala TK Bernadethe Merauke Suster Yuliana Surtilah kepada Jubi, Sabtu (14/12/2019).

Lomba digelar untuk meningkatkan hubungan dan kerja sama guru dengan orang tua siswa. Itu karena pembuatan kandang Natal membutuhkan kekompakan dan tim yang solid.

“Ada nilai yang ingin ditanamkan (melalui perlombaan), yakni teologis, kebersamaan, kekompakan dan cinta lingkungan. Orang (diharapkan) tidak lagi sembarangan membuang sampah plastik,” jelas Suster Yuliana.

Tim juri mengategorisasikan penilaian dengan pemeringkatan, yakni peringkatan I-IV. Akan tetapi, pihak sekolah tetap memberi bingkisan kepada seluruh siswa. Siswa lelaki mendapat topi Santa Klaus, dan siswa perempuan mendapat bando Natal.

Loading...
;

“Semua kandang Natal yang dibuat sangat baik walaupun hasil (penilaiannya) berbeda-beda. Saya menyatakan semua (peserta lomba) mendapat juara I sehingga mereka (para siswa) pulang dengan bersuka cita,” lanjut Yualiana.

Perlombaan pembuatan kandang Natal baru pertama kali digelar di TK Bernadethe. Mereka biasa hanya menggelar Perayaan Santa Klaus serta ibadah sabda dan makan bersama dalam tradisi penyambutan Natal di sekolah.

“Ide menghadirkan (figuran) Santa Klaus dilakukan mendadak. Itu sekaligus memberikan surprised (kejutan) kepada  anak-anak,” kata Suster Yuliana.

Wali Kelas B2 TK Bernadethe Merauke Johana Talakua mengaku bangga dengan partisipasi para orang tua siswa. Mereka sanggup menyelesaikan pembuatan kandang Natal hingga larut malam. “Ini menjadi kebanggaan sekolah karena perhatian dan tanggung jawab orang tua begitu besar.” (*)

 

Editor: Aries Munandar

Baca artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top