Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

LPMP Papua dorong pendidikan kejuruan di Papua terintegrasi dengan dunia kerja

Kepala Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan PapuaPapua, Adrian Howay saat diwawancarai di Jayapura, Papua, Kamis (25/4/2019). – Jubi/Ramah

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan Papua terus mendorong layanan pendidikan menengah kejuruan agar terintegrasi dengan dunia kerja. Pendidikan kejuruan yang terintegrasi dengan dunia kerja akan membuat lulusan Sekolah Menengah Kejuruan di Papua siap dan terampil untuk bekerja.

Kepala Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan Papua (LPMP) Papua, Adrian Howay menyatakan terus melayani guru, sekolah, siswa, dan orangtua siswa untuk mengembangkan pendidikan kejuruan yang terintegrasi dengan dunia kerja. “Kami mendorong pengembangan pendidikan vokasi, sehingga para lulusan Sekolah Menengah Kejuruan di Papua bukan cuma memiliki pengetahuan, namun juga keterampilan bekerja,” kata Howay di Jayapura, Kamis (25/4/19).

Menurut Howay, pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Papua dapat lebih terintegrasi dengan dunia kerja antara lain dengan menyelaraskan kurikulum, pembentukan komite perdagangan, uji kompetensi bersama, dan pelatihan guru. Selain itu, integrasi pendidikan kejuruan dengan dunia kerja juga dapat ditingkat dengan menempatkan tenaga ahli sebagai pengajar di SMK.

“Melalui langkah kongret ini, diharapkan para lulusan SMK memiliki wawasan dan sikap kompetitif seperti etika kerja, motivasi capaian dan penguasaan materi. Denga demikian, lulusan SMK memiliki keunggulan, handal, dan menjadi calon tenaga kerja yang sesuai dengan kebutuhan industri kerja,” ujar Howay.

LPMP Papua terus memainkan perannya sebagai penghubung antara Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dengan pemerintah daerah di Papua. “LPMP sebagai penghubung Kemendikbud dapat bersama-sama pemerintah daerah meningkatkan pendidikan di Papua,” tutur Howay.

Wali Kota Jayapura, Benhur Tomi Mano mengharapkan LPMP Papua menjadi contoh bagi Unit Pelaksana Teknis Kemendikbud lainnya dalam memberikan layanan pendidikan kepada para pelaku pendidikan. “Marilah kita terus berupaya memberikan layanan yang terbaik untuk masyarakat. Harapan saya LPMP Papua terus mendorong layanan terhadap pelaku pendidikan di Papua, khususnya di Kota Jayapura,” jelas Mano.

Loading...
;

Melalui pendidikan kejuruan yang terintegrasi dengan dunia kerja, Mano yakin para lulusan SMK akan langsung bekerja, sehingga angka pengangguran di Kota Jayapura bisa diturunkan. “Ini sangat kami butuhkan. Kami harapkan SMK ini berbasis industri, supaya lulusan SMK memiliki peluang bekerja dimana-mana. Saya harapkan Pemerintah Provinsi Papua juga memperhatikan hal itu, agar SMK berinovasi dan kreatif dalam menghasilkan hal-hal yang baru,” ujar Mano. (*)

Editor: Aryo Wisanggeni G

Baca artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top