Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Luci dilepas, JT pimpin Persipura kontra Arema?

Jacksen Tiago saat bersama Persipura beberapa tahun lalu – Jubi/Roy Ratumakin.

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Manajemen Persipura segera melakukan evaluasi menyeluruh mulai dari jajaran pelatih hingga pemain. Evaluasi ini dilakukan menyusul hasil imbang yang didapat Persipura saat menjamu Semen Padang FC, Jumat (28/6/2019).

Hingga kini, manajemen belum memberikan keterangan resmi tentang nasib Luciano Leandro. Diduga Manajemen sedang membahas tentang kemungkinan Luci tetap di persipura atau harus angkat kaki.

Dalam postingannya di laman media sosial, Luciano Leandro seakan memberi isyarat takkan lagi menjadi pelatih Boaz Salosa dkk.

Banyak beredar spekulasi soal siapakan sosok yang akan menggantikan posisi Luci menukangi Persipura. Salah satunya adalah Jackson Tiago. Spekulasi ini muncul setelah Farida Djafar, istri dari Manajer Persipura Jayapura Rudy Madwi pun menunjukkan foto dirinya, Manajer Persipura Rudy Maswi, dan sang pelatih Jacksen Tiago dengan caption “welcome home”.

Loading...
;

Asisten Manajer Persipura, Ridwan Madubun mengatakan siapapun pelatih pengganti Luci nanti dipastikan akan menangani Persipura dalam laga melawan Arema FC.

“Yang pasti, kalah keputusannya pelatih yang baru maka pelatih tersebut harus benar-benar nganggur. Tidak mungkin kami mengambil pelatih yang bekerja untuk dua tim. Kami mau, dia harus fokus untuk tim ketika dia bekerja nanti,” kata Bento menjawab pertanyaan Jubi usai laga kontra Semen Padang di Stadion Mandala, Jayapura.

Sekadar diketahui pada 2008 lalu, Jacksen Tiago menandatangani kontrak untuk kesepakatan melatih Persipura Jayapura. Selama kepemimpinannya di Persipura Jayapura, ia telah memberikan tiga gelar Liga Super Indonesia di musim 2008-2009, 2010-2011, dan 2012-2013.

Pada bulan Maret 2013, Asosiasi Sepak Bola Indonesia (PSSI) meminta Jacksen untuk menjadi asisten pelatih tim nasional Indonesia dalam menghadapi Arab Saudi pada babak Kualifikasi Piala Asia AFC 2015. Setelah itu pada bulan April ia resmi ditunjuk oleh PSSI sebagai pelatih kepala tim Nasional Indonesia.

Jacksen Tiago sendiri adalah pelatih yang terdaftar sebagai pelatih Barto Putra, namun sang pelatih mengundurkan diri dari jabatannya karena tidak bisa memenuhi ekspetasi dari masyarakat dan juga manajemen Barito Putra. Barito Putra hingga kini masih menempati posisi dasar klasemen kompetisi Liga 1, 2019.

David Mayor mantan gelandang serang Persipura era 1980-an menilai bergabungnya Jacksen F Tiago karena karakter pemain Brasil mirip dengan orang Papua. Tak sulit bagi Jacksen untuk membesut Mutiara Hitam sebagai tim yang sudah jadi.

Oktober 2008, Jacksen mulai membesut tim Mutiara Hitam. Musim 2008 Liga Indonesia berubah format jadi Indonesia Super Leagua (ISL). Persipura mencatat sejarah dengan menjuarai ISL.

Sebagai juara ISL 2008-2009, Persipura berhak ikut Liga Championn Asia (LCA). Di Liga Champion Asia Mutiara Hitam berada satu grup dengan juara Liga Korea Selatan, Jean Buk Motor, Juara Liga Jepang Kashima Alters dan juara Liga China Chanchung Yatai. Kegagalan di LCA menjadi pengalaman berharga untuk mengevaluasi dan mulai belalajar dari kekalahan.

Tahun kedua Jacksen F Tiago, kapten tim Persipura Eduard Ivakdalam harus keluar dan diganti dengan Zah Rahan, yang sebelumnya mengantar Sriwijaya FC meraih juara ISL 2009-2010. Persipura berhasil keluar menjadi juara untuk ketiga kalinya bersama Boaz T Solossa yang sudah memegang ban kapten.

Pengganti Jacksen Tiago minimal harus memahami karakter anak-anak Papua, disiplin dan tegas. Pelatih yang tegas dan disiplin mampu membawa kemenangan bagi Persipura. Jacksen adalah pelatih yang tidak gatek dan bisa berbahasa Inggris dengan baik, selalu mengikuti perkembangan sepak bola khususnya di Asia dan Indonesia. (*)

Editor : Edho Sinaga

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top