Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Mahasiswa dan dosen bersihkan Pantai Tanjung Kasuari

Peserta aksi bersih pantai di Tanjung Kasuari – dok. pribadi.

Papua No.1 News Portal | Jubi

Sentani, Jubi – Mahasiswa beserta Dosen Ilmu Kelautan dan Perikanan Universitas Cendrawasih (Uncen) menggelar aksi bersih pantai di Tanjung Kasuari, Jayapura. Kegiatan itu merupakan rangkaian peringatan Dies Natalis ke-57 Uncen.

“Banyak sekali sampah plastik, botol minum keras, dan (bekas) perabotan lain di Pantai Tanjung Kasuari. Ini mengindikasikan sumber pencemarannya rata-rata berasal dari antropogenik (aktivitas manusia),” kata Dosen Ilmu Kelautan dan Perikanan Uncen Diana M Abulais, melalui pesan singkat kepada Jubi, (Selasa/5/11/2019).

Sampah-sampah tersebut mengapung dan terseret arus hingga berserakan di Tanjung Kasuari atau di sepanjang Pantai Holtekamp. Diana berharap aksi bersih pantai tidak cuma sekali ini dilakukan.

“Bukan hanya pada kegiatan (memeringati) Dies Natalis Uncen, melainkan setiap ada kesempatan, wajib membersihkan sampah di laut,” ucapnya.

Dosen lainnya, Efray Wanimbo mengatakan sampah plastik sulit terdegradasi (terurai) di perairan. “Kita wajib menjaga laut tetap bersih agar masyarakat, pengunjung, dan anak-cucu kita dapat melihat (terus menikmati) keindahan laut dan pantai. Itu tidak hanya di gambar, tetapi dilihat secara nyata.”

Mahasiswa dan dosen yang bergabung dalam Komunitas Jaga Laut tersebut berharap aksi mereka menyadarkan publik mengenai pentingnya menjaga kebersihan pantai. Sampah atau limbah dapat berdampak buruk terhadap kehidupan manusia dan ekosistem perairan.

Loading...
;

“Kami (ingin) memberi pelajaran (mengingatkan) kepada masyarakat tentang dampak sampah plastik, terutama terhadap manusia sebagai konsumen akhir pada rantai makanan,” kata Wanimbo (*)

 

Editor: Aries Munandar

Baca artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top