Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Mahasiswa dan pelajar Mimika tolak kembali ke kota studi

Pernyataan sikap Mahasiswa dan Pelajar Timika yang eksodus, usai melakukan jumpa pers – Jubi/ Dok.

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Mahasiswa dan Pelajar asal Kabupaten Mimika, menolak segala macam bentuk tawaran dari Pemda, PT Freeport Indonesia, LPMAK untuk kembali ke kota studi masing-masing.

Koordinator posko eksodus kabupaten Mimika di Jayapura, Elly Cena mengatakan, ia juga menolak berbagai kegiatan yang mengatasnamakan mahasiswa dan pelajar eksodus serta penyematan tudingan sebagai provokator pada mahasiswa.

“Kami mahasiswa dan pelajar eksodus menolak dan mengecam dengan tegas kepada pihak ketiga yang mengatasnamakan kami untuk membuat kegiatan dalam bentuk apapun di kota Timika,” katanya, Selasa, (29/10/2019).

Dalam keterangannya, Mahasiswa juga meminta Pemerintah membuka akses seluas-luasnya pada jurnalis asing ke seluruh wilayah Papua.

Loading...
;

“Kami menolak dengan tegas kepada media-media lokal di kabupaten Mimika yang mempublikasikan informasi tanpa sepengetahuan dan mengatasnamakan kami mahasiswa-pelajar eksodus Mimika,” tegasnya.

Elly Cena menyampaikan mahasiswa juga menolak segala bentuk intervensi aparat militer dalam kegiatan publik masyarakat lokal di kabupaten itu.

“Kami meminta kepada Bupati Mimika agar dapat menarik kembali pernyataan tembak mati pedemo yang rusuh dan  segera copot kapolres mimika dari jabatannya karena telah melanggar nilai budaya dan agama,” ujarnya.

Sebelumnya, Bupati Eltinus Omaleng di media massa barkali-kali mengimbau kepada seluruh mahasiswa asal Mimika segera kembali ke kota studi untuk melanjutkan pendidikan.

“Mengimbau seluruh mahasiswa Papua yang berasal dari Kabupaten Mimika untuk tidak terprovokasi terhadap isu eksodus dari seluruh pelajar pulau Jawa, Bali, Makassar dan Manado dan terus mendapatkan perkuliahan di tempat-tempat studi yang baru jadi selesai,” ujarnya. (*)

Editor : Edho Sinaga

Baca artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top