Mahasiswa desak penetapan komisioner KPU Nduga

Mahasiswa desak penetapan komisioner KPU Nduga

Sekretaris Ikatan Pelajar dan Mahasiswa Nduga DPC Kota Studi Kota Jayapura, Remes Ubruangge (kiri) bersama rekannya saat bertandang ke Kantor Redaksi Jubi – Jubi/Arjuna Pademme

Papua No. 1 News Portal | Jubi 

Jayapura, Jubi – Ikatan Pelajar dan Mahasiswa Nduga di Kota Jayapura mendesak KPU Papua dan KPU RI segera menetapkan lima dari 10 calon anggota KPU Nduga yang telah lolos seleksi untuk dilantik sebagai komisioner KPU setempat.

Sekretaris Ikatan Pelajar dan Mahasiswa Nduga DPC Kota Studi Kota Jayapura, Remes Ubruangge mengatakan, belum ditetapkannya komisioner KPU Nduga hingga kini, dikhawatirkan berdampak pada proses Pemilihan Presiden dan Legislatif (Pemilu 2019), 17 April mendatang.

“Makanya kami desak KPU Papua segera berkoordinasi dengan KPU RI agar secepatnya mengambil langkah menetapkan tetapkan komisioner KPU Nduga,” kata Remes Ubruangge saat bersama rekannya, Nikson Dimie bertandang ke Kantor Redaksi Jubi, Senin (11/2/2019) petang.

Menurutnya, jika KPU Papua menilai ada di antara calon yang lolos seleksi bermasalah lantaran terikat partai politik dan lainnya, mestinya segera mengambil langkah sesuai aturan yang ada, menetapkan calon anggota KPU Nduga yang tidak bermasalah.

“Kami minta KPU Papua dan KPU RI segera mengambil langkah karena anggota KPU di kabupaten lain sudah ditetapkan,” ujarnya.

Katanya, jangan ada kepentingan tertentu dalam menetapkan anggota KPU Nduga, karena anggota KPU mesti memiliki integritas, independen sehingga apa yang diharapkan masyarakat terciptanya proses Pemilu bersih dapat tercapai.

“Jangan cari (karena ada) kepentingan untuk tahun depan dan lainnya. Masalah ini jangan berlarut-larut,” ucapnya.

Sementara Ketua KPU Papua, Theodorus Kossay belum lama ini mengatakan, pihaknya mengambil alih tugas tujuh KPU kabupaten (kota) yang hingga kini belum memiliki komisioner, salah satunya KPU Nduga.

“Selain Nduga, juga KPU Kota Jayapura, KPU Kabupaten Jayapura, KPU Mamberamo Tengah, KPU Mimika, KPU Paniai, dan KPU Waropen. Kami mendapat petunjuk langsung dari KPU RI untuk mengisi kekosongan,” kata Ketua KPU Provinsi Papua Theodorus Kossay kala itu.

Menurutnya, KPU Papua akan mengambil alih tugas KPU tujuh kabupaten itu sambil menunggu proses di PTUN, terkait seleksi komisioner KPU kabupaten yang belum tuntas.

“Kami berharap, dalam waktu yang tidak lama, sudah ada komisioner KPU kabupaten untuk mempersiapkan agenda Pemilu,” ucapnya. (*)

 

Editor  : Edho Sinaga

loading...

Leave a Replay

Leave a Comment

Populer

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

loading...