Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Mahasiswa di Distrik Usilimo minta Bupati Jayawijaya kembalikan mereka ke kota studi

Bupati Jayawijaya ketika menerima aspirasi dari mahasiswa di Distrik Usilimo dalam kunjungan kerjanya, Senin (2/12/2019)-Jubi/Islami.

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Wamena, Jubi – Mahasiswa asal Jayawijaya khususnya di Distrik Usilimo yang sedang menjalani pendidkan di kota studi di Jawa, meminta Bupati Jayawijaya untuk mengembalikan mereka ke kota studi masing-masing.

Hal itu diungkapkan salah seorang mahasiswa, saat bupati melakukan kunjungan kerja dan tatap muka bersama masyarakat di Distrik Usilimo, Senin (2/12/2019), di halaman kantor distrik setempat.

“Yang kuliah di Jawa ada isu-isu dari oknum tidak bertanggung-jawab, sehingga kami pulang kambali ke kampung, untuk itu kami minta bupati kembalikan kami ke kota studi masing-masing,” kata seorang mahasiswa, saat tatap muka dengan bupati.

Menanggapi hal itu, Bupati Jayawijaya, Jhon Richard Banua menyampaikan pemerintah daerah akan mengupayakan untuk memfasilitasi pemulangan mahasiswa asal Jayawijaya ke kota studi mereka masing-masing.

Loading...
;

“Saya akan perintahkan tim yang telah dibentuk, untuk lakukan pengecekan kembali mahasiswa asal Jayawijaya yang kembali ke daerah mereka masing-masing,” kata Banua kepada wartawan usai tatap muka.

Menurut bupati, para mahasiswa menyampaikan bahwa merasa dibohongi saat disuruh pulang kembali ke kampung. Lalu ketika pulang ke Papua, ternyata mereka menyesal dan ingin segera melanjutkan kuliah.

“Setelah Natal dan Tahun Baru nanti, kita harus kembalikan mereka untuk bisa kuliah di kota studi masing-masing. Mungkin mereka merasa kesulitan masalah transportasi kembali ke kota studi, sehingga pemda akan coba fasilitasi ini supaya mereka bisa kembali melanjutkan kuliahnya,” katanya.

Meski ia belum mengetahui pasti jumlah mahasiswa asal Jayawijaya yang kembali ke kampung mereka masing-masing, namun menurutnya tidak semua mahasiswa Jayawijaya pulang ke Wamena.

“Kami sendiri belum dapat data lengkap dari tim yang dibentuk, dimana yang disampaikan ini khusus mahasiswa yang di Distrik Usilimo. Dan pemerintah akan kembalikan mereka, karena mereka ini aset SDM Jayawijaya ke depan,” katanya.

Sementara itu, Kepala Distrik Usilimo, Mesak Wantik mengaku memang ada keinginan mahasiswa asal distriknya yang ingin kembali berkuliah, sehingga pada kesempatan kunjungan kerja bupati hal itu disampaikan langsung.

“Mereka ini mengaku mendapat isu hoaks, sehingga mahasiswa Papua asal Jayawijaya kembali ke kampung mereka termasuk di Distrik Usilimo. Dan ketika ingin kembali ke kota studi kesulitan dan ketakutan, mereka pikir tidak diterima lagi di kampus mereka, sehingga mereka meminta pemda memfasilitasi mereka agar bisa kembali kuliah,” kata Mesak Wantik.

“Mahasiswa dari Distrik Usilimo ada sekitar 10 orang, mereka ada yang studi akhir tetapi karena mau kembali dan kesulitan, lalu mereka melapor ke bupati supaya bisa dikoordinasikan dan diarahkan langsung ke tempat mereka kuliah,” sambung Mesak Wantik. (*)

 

Editor: Kristianto Galuwo

Baca artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top