Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Mahasiswa eksodus kembali ke kota studi bila ada jaminan

Posko mahasiswa eksodus wilayah Meepago di Kabupaten Nabire – Jubi. Dok

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Anggota DPR Papua, Laurenzus Kadepa meminta jaminan keselamatan bagi mahasiswa Papua yang diminta kembali ke kota studi.

Ini menyusul permintaan sejumlah daerah agar mahasiswa Papua kembali menempuh studi.

“Kini semua pihak meminta mahasiswa eksodus kembali ke sejumlah kota studi. Sebenarnya semua itu baik, tapi paling penting adalah terkait jaminan keamanan, kenyamanan dan pendidikan para mahasiswa eksodus. Ini yang mesti dipastikan sebelum meminta para mahasiswa kembali ke setiap kota studi,” kata Kadepa kepada Jubi, Senin (18/11/2019).

Ia meminta Pemprov Papua, para bupati dan pihak terkait untuk duduk bersama mencari solusi, seperti apa jaminan terhadap para mahasiswa eksodus ketika kembali ke daerah tempat mereka kuliah.

Loading...
;

“Begitu juga jika para mahasiswa tetap di Papua, apa jaminannya. Ketika mereka mendapat masalah, para pejabat di Papua semua bicara meminta mahasiswa kembali ke Papua. Akan tetapi setelah itu, tak ada solusi,” ujarnya.

Ia khawatir jika tak ada solusi atau jaminan kongkrit terhadap mahasiswa, akan terjadi insiden kembali.

“Di kos studi mahasiswa menjadi korban. Pulang ke Papua masih juga menjadi korban. Hidup di negeri sendiri saja seperti tamu. Padahal mahasiswa ini aset masa depan Papua dan bangsa ini. Mereka tidak boleh dikorbankan,” ucapnya.

Kapolda Papua, Irjen Paulus Waterpauw mengatakan, kini pihaknya sedang menangani kepulangan sekitar 3.000 mahasiswa asal Papua dari berbagai kota studi di luar Papua. Dari ribuan mahasiswa eksodus tersebut, baru ada sekitar 75 mahasiswa yang tercatat kembali ke kota studi.

“Saya pikir ini perlu kearifan dan langkah cepat untuk bagaimana bisa menangani mereka, karena kami lihat ini bibit-bibit persoalan ke depan. Kami membayangkan kalau mereka gagal, berarti Papua bukan semakin tenang, tapi menjadi persoalan besar karena rata-rata mereka memiliki intelektual tinggi,” kata Waterpauw.

Menurut Waterpauw, pihaknya bersama pemerintah provinsi berupaya mengembalikan para mahasiswa ke kota studi. Akan tetapi dibutuhkan bantuan pemerintah pusat untuk mengembalikan mahasiswa eksodus ke setiap kota studi. (*)

Editor: Edho Sinaga

Baca artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top