HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Mahasiswa usul bangun monumen anti rasisme di Papua

Aksi rakyat Papua di kota Jayapura anti rasisme terhadap orang Papua – Jubi/Agus Pabika.

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) mengusulkan Pemerintah Papua membuat sebuah monumen anti rasisme di Papua.

Ketua  Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) Cabang Kota Jayapura, Victor Tibul mengatakan simbol peringatan penting dibuat agar masyarakat Papua tak melupakan peristiwa ujaran rasis yang  berujung aksi demonstrasi besar-besaran di Tanah Papua.  Selain itu, ia juga meminta agar bulan Agustus ditetapkan sebagai bulan anti rasisme.

“Harus ada monumen atau peringatan guna mengingatkan kepada rakyat Papua bahwa ketika mereka menuntut ketidakadilan atas perlakuan rasisme terhadap orang asli Papua mereka ditembak mati saat melakukan demontrasi di beberapa kota di tanah Papua,” katanya.

Ia mendesak pemerintah untuk merealisasi usulan ini sebagai wujud memberi keadilan pada masyarakat Papua.

Loading...
;

“Biar di tugu tersebut kita tulis nama-nama para korban yang meninggal di seluruh tanah Papua dan di luar Papua terhadap orang asli Papua sehingga kita bersama-sama bisa memperingatinya,” tegasnya.

Sementara itu  Ones Suhuniap Juru Bicara Komite Nasional Papua Barat (KNPB) Pusat mengatakan, pernyataan Indonesia sebagai negara hukum hanyalah slogan semata yang digunakan untuk menangkap dan mengkriminalisasi orang Papua.

“Rasisme dan diskriminasi rasial terhadap orang asli Papua itu bukan hoaks, tetapi itu fakta. Stigma praktek rasisme bukan hal baru bagi orang Papua dari dulu hingga yang akan datang akan terus ada selama kita berada bersama Indonesia,” katanya. (*)

Editor: Edho Sinaga

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top