Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Mahasiswa Yalimo dan Mamberamo Tengah buka posko eksodus

Pendirian posko oleh mahasiswa yalimo – Jubi/dok

Papua No. 1 News Portal | Jubi
Jayapura, Jubi – Mahasiswa asal kabupaten Yalimo yang pulang dari berbagai kota studi telah tiba di kampung halamannya. Mereka membuka posko untuk mendata mahasiswa. Sebelum nantinya diserahkan kepada bupati.

Mahasiswa Yalimo dan pelajar yang kembali ke Papua semakin bertambah jumlahnya. Di Yalimo, jumlahnya diklaim mencapai 65 persen. “Perlu dikoordinir dan didata agar di bawah kendali komando,” ujar Alfons Ronal, perwakilan mahasiswa Yalimo  kepada Jubi, Sabtu (21/9/2019).

Tujuan utama daripada pendirian posko menurutnya untuk mendata eksodus jumlah mahasiswa yang sudah tiba di tanah air Papua, juga mereka yang masih ada di luar papua. Mereka juga akan mengikuti perkembangan di setiap posko yang sudah didirikan di beberapa titik di kabupaten dan kota di Papua.

Dirinya menyayangkan dengan aparat pemerintah Kabupaten Yalimo yang sejauh ini tidak ada di tempat, saat pihaknya mengantarkan surat ijin pendirian posko di halaman depan kantor Bupati Yalimo.

Pihaknya berharap pemerintah daerah Yalimo menindaklanjuti tuntutan dari mahasiswa yang telah diserahkan pada akhir Agustus lalu. Apabila pemerintah tidak mengindahkannya. Pihaknya akan segera menggelar aksi unjuk rasa.

Loading...
;

“ Kita meminta kawan-kawan kami yang masih di luar Papua segera dipulangkan oleh pemerintah, karena mereka masih diteror oleh oknum tertentu bahkan pada lingkungannya tidak nyaman untuk beraktivitas. Salah satu kendala utama yang dialami mahasiswa yang belum pulang adalah biaya transportasi/tiket pesawat,” ujarnya.

Sementara itu Yunas Endama dari mahasiswa Mamberamo Tengah mengatakan semua mahasiswa asal daerah itu mulai pulang ke Papua. Dia mengklaim jumlah yang pulang sudah mencapai 75 persen mahasiswa. Mereka di tampung di jayapura.

“ Tujuan hanya satu manusia tidak bisa tinggalkan monyet dan saatnya referendum bagi bangsa Papua,”

Berdasarkan laporan bupati-bupati setempat kepada Gubernur Papua pada Senin (16/9/2019), tercatat sudah 2047 mahasiswa Papua dari berbagai kota studi yang memilih pulang ke tanah Papua. (*)

Editor: Syam Terrajana

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top