Maklumat MRP tentang Larangan Pemberian Nama atau Gelar Adat kepada Orang Lain di luar Pemangku Adat

Maklumat MRP tentang Larangan Pemberian Nama atau Gelar Adat kepada Orang Lain di luar Pemangku Adat

 

MAKLUMAT MAJELIS RAKYAT PAPUA

Nomor: 03/MRP/XII/2018

TENTANG

LARANGAN PEMBERIAN NAMA ATAU GELAR ADAT KEPADA ORANG LAIN DI LUAR PEMANGKU ADAT

BAHWA NAMA DAN ATAU GELAR ADAT MERUPAKAN SIMBOL KESULUNGAN DAN KEBESARAN JADI DIRI SESEORANG SEBAGAI PEMANGKU ADAT YANG SAKRAL YANG DIPEROLEH SECARA TURUN TEMURUN. OLEH KARENA ITU DENGAN INI MAJELIS RAKYAT PAPUA SEBAGAI LEMBAGA REPRESENTASI KULTURAL ORANG ASLI PAPUA YANG MELINDUNGI HAK-HAK DASAR ORANG ASLI PAPUA MENYATAKAN BAHWA PEMBERIAN NAMA DAN ATAU GELAR ADAT KEPADA SESEORANG DI LUAR LINGKUNGAN KOMUNITAS SUKU PEMANGKU ADAT ADALAH BERTENTANGAN DENGAN NILAI DAN NORMA HUKUM YANG DI WARISKAN MASYARAKAT ADAT PAPUA.

KEPADA SELURUH MASYARAKAT ADAT DI TANAH PAPUA, MAJELIS RAKYAT PAPUA MENYAMPAIKAN PESAN TENTANG PENTINGNYA KESADARAN PENGHORMATAN TERHADAP NILAI DAN NORMA HUKUM ADAT YANG DI WARISKAN SECARA TURUN TEMURUN DALAM KEHIDUPAN KOMUNITAS SUKU DAN MASYARAKAT ADAT PAPUA. OLEH KARENA ITU DENGAN MAKLUMAT INI MASYARAKAT ADAT TIDAK SECARA GAMPANG MEMBERIKAN NAMA DAN GELAR ADAT KEPADA SIAPAPUN DI LUAR KOMUNITAS PEMANGKU ADAT.

PEMBERIAN NAMA DAN ATAU GELAR ADAT YANG TELAH DI BERIKAN KEPADA SESEORANG DI LUAR PEMANGKU ADAT SUKU DAN ATAU MASYARAKAY ADAT PAPUA SEBELUM INI. MAJELIS RAKYAT PAPUA MENYATAKAN TIDAK SAH DAN BATAL MENURUT HUKUM ADAT PAPUA.

Jayapura, 21 Desember 2018

KETUA MAJELIS RAKYAT PAPUA

TIMOTIUS MURIB

Populer

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)