HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Mama-mama pedagang di Paniai minta pasar khusus pedagang asli Papua

Konferensi Daerah KAPP Paniai dibuka di Enarotali, Kabupaten Paniai, Papua, Kamis (8/8/2019). – Jubi/Hengky Yeimo

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Para mama Paniai penjual sayuran, ikan, ubi-ubian, tebu, dan buah-buahan meminta Pemerintah Kabupaten Paniai membangun pasar khusus bagi pedagang asli Papua. Permintaan itu disampaikan sejumlah mama yang mengikuti Konferensi Daerah Kamar Adat Pengusaha Papua atau KAPP Paniai yang berlangsung di Enarotali, Kamis (8/8/2019).  

Mama Maria Mote menuturkan selama ini para mama-mama Papua tidak mendapatkan tempat berjualan yang layak. “Selama ini masyarakat berjualan beralaskan tanah. Terkadang jualan mereka terkena becek, panas, padahal sayur jualan yang mereka jual itu segar dan baik, bagi kesehatan,” kata Mote di sela Konferensi Daerah KAPP Paniai.

Mote meminta KAPP dapat mendesak Pemerintah Kabupaten Paniai membangun pasar khusus bagi para pedagang asli Papua. Ia menuturkan, aspirasi itu sudah muncul lama, namun hingga Bupati Paniai berganti beberapa kali, aspirasi itu belum juga terwujud. “Oleh sebab itu KAPP harus berjalan bersama untuk mewujudkan aspirasi mama-mama pasar ini,” katanya.

Mote mengeluhkan, lokasi pasar yang sudah dibangun pemerintah tidak strategis, sehingga sepi pembeli. “Mama-mama tidak berjualan [di pasar itu] karena pembelinya sepi. [Jika berjualan di sana], pendapatan mama-mama  sehingga pendapatan berkurang,” katanya.

Loading...
;

Mote juga meminta KAPP membangun koperasi untuk menampung barang dagangan para mama. “Terkadang jualan para mama itu tidak terjual. KAPP Paniai harus merintis berdirinya koperasi untuk mengembangkan potensi ekonomi masyarakat,” katanya.

Mewakili Bidang Sumber Daya Manusia KAPP, Revin Tabuni mengatakan KAPP akan terus mendata pengusaha asli Papua di seluruh daerah Papua. Ia mengatakan pemerintah harus memberikan peluang kepada mama mama untuk mereka bisa hidup dan meningkatkan taraf perekonomian mereka. “Mari kita membangun KAPP dari kampung, dusun, hingga ke kota, demi mewujudkan Kabupaten Paniai yang mandiri, sejahtera dan berkeadilan,” katanya.(*)

Editor: Aryo Wisanggeni G

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top