HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Masa depan 14 anggota DPRP Jalur Otsus, ini kata Gubernur Papua

Gubernur Papua, Lukas Enembe. – Jubi/Roy Ratumakin

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Masa jabatan para anggota Dewan Perwakilan Rakyat Papua jalur Otonomi Khusus atau kursi 14 jalur Otsus tinggal menghitung bulan. Bagaimana kelanjutan 14 kursi jalur Otsus atau 14 kursi pengangkatan tersebut?

Pemerintah Provinsi Papua berharap para anggota Dewan Perwakilan Rakyat Papua (DPRP) dari jalur Otsus tersebut tetap dipertahankan dan bertugas bersama para anggota DPRP hasil Pemilihan Umum 2019. Hal ini ditegaskan Gubernur Lukas Enembe kepada wartawan, Selasa (10/9/2019) di Jayapura.

“Saya berharap mereka yang sudah duduk sebagai anggota DPRP jalur Otsus tetap dipertahankan hingga dua periode, dan kami akan buat mekanisme. Mereka baru dilantik akhir tahun 2017 lalu, bagaimana lagi mau ganti-ganti orang, tidak ada pemilihan,  nanti bikin masalah,” katanya.

Kata Gubernur Lukas, 14 kursi pengangkatan tersebut diatur dalam UU Otsus No 21 Tahun 2001 dan diimplementasikan lewat Peraturan Daerah Khusus (Perdasus) Nomor 6 Tahun 2014 tentang Pengangkatan 14 Kursi untuk Orang Asli Papua.

Loading...
;

Terpisah John Nasion Robby Gobai salah satu anggota DPRP 14 kursi pengangkatan mengucapkan terimakasih atas dukungan Gubernur Papua Lukas Enembe agar 14 anggota kursi pengangkatan melanjutkan tugasnya bersama para anggota DPRP periode 2019 – 2024.

“Memang secara aturan, masa jabatan anggota DPR itu lima tahun, itu tertulis jelas didalam UU. Tetapi kami baru menjabat selama satu tahun lebih, kalau kami [menjadi anggota DPRP karena mekanisme] Pergantian Antar Waktu], itu masuk akal [jika masa jabatan kami berakhir bersama para anggota DPRP periode 2014 – 2019. Tetapi ini berbeda, kami diangkat lewat jalur Otsus,” katanya kepada Jubi melalui sambungan telepon selularnya.

Gobai pun berharap ada pengertian dari masyarakat Papua yang ingin menggunakan jalur 14 kursi pengangkatan untuk menjadi anggota DPRP periode 2019 – 2024. “Kami 14 orang yang kini duduk di DPRP berharap ada pengertian. Ibaratnya anak kecil, kami masih belajar merangkak. Belum berjalan dengan baik, dan kalau ada kekuarangan selama kami menjabat itu karena kami juga manusia yang akan terus berusaha memberikan yang terbaik kepada tanah Papua,” ujarnya.

Sekadar diketahui, 14 anggota DPRP Jalur Otsus diantaranya dari wilayah adat Mamta yakni Ramses Ohee dan Piter Kwano. Lalu dari wilayah adat Saireri adalah Yohanes Luis Ronsumbre, Yonas Nusi dan Yotam Bilasi.

Dari wilayah adat Lapago, yaitu Arnold Wenekolik Walilo , Jhon W Wilil, Kope Wonda dan Timotius Wakur. Sedangkan, dari wilayah adat Meepago yakni Ferry Omaleng, John Nasion Robby Gobai dan Julianus Miagoni  dan wilayah Anim Ha, yaitu Frits Tabo Wakyasu dan Maria Elizabeth Kaize. (*)

Editor: Aryo Wisanggeni G

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top