Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Masalah klasik masih hantui pendidikan di Kabupaten Jayapura

Anak-anak yang berangkat ke sekolah menumpang truk – Jubi/Engel Wally

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Sentani, Jubi – Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Jayapura, Ted Mokay, mengatakan masalah klasik masih menghantui kondisi dunia pendidikan di Kabupaten Jayapura hingga saat ini. Persoalan klasik itu adalah minimnya tenaga guru, fasilitas pendukung, infrastuktur pendidikan, serta sejumlah persoalan lain yang cukup kompleks yang harus diselesaikan.

“Yang terpenting saat ini, setiap sekolah mampu mengisi data dapodiknya dengan benar, maka kemudahan bagi pemerintah pusat untuk memberikan bantuan pendidikan,” ujar Mokay, saat ditemui di Sentani, Kamis (9/1/2020).

Dikatakan, dengan kondisi seperti saat ini, pihaknya tetap optimis untuk melakukan perubahan secara perlahan, berjenjang, dan berkelanjutan.

Lanjut, Ted, dirinya juga berterima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Jayapura, dalam hal ini Bupati Jayapura, yang telah menyetujui usulan penambahan anggaran untuk pendidikan di Kabupaten Jayapura.

Dana Alokasi Kusus (DAK) 2020 untuk pendidikan Rp16 miliar. Jumlah ini akan dimaksimalkan untuk pembangunan ruang belajar, sanitasi, dan fasilitas pendukung lainnya.

“Walaupun ada dana bantuan operasional sekolah, tetapi belum mampu menjawab semua kebutuhan yang diinginkan oleh masing-masi satuan pendidikan,” jelasnya.

Loading...
;

Sebelumnya, Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, menjelaskan program prioritas dalam masa kepemimpinannya, selain kampung adat, pendidikan, dan kesehatan juga menjadi bagian terpenting yang harus diperhatikan secara serius oleh masing-masing SKPD.

“Untuk pendidikan dan kesehatan, tidak ada tawar-tawar lagi. Apaun akan kita lakukan, kekurangan tenaga guru, kita kontrak, kekurangan fasilitas pendukung harus disiapkan. Ini demi sumber daya manusa Papua di Kabupaten Jayapura,” pungkasnya. (*)

Editor: Dewi Wulandari

Baca artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top