HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Masyarakat adat ingin hutan sagu di pinggir Danau Sentani dilestarikan

Masyarakat adat ingin hutan sagu di pinggir Danau Sentani dilestarikan

Suasana diskusi perlindungan dan pengembangan danau di Papua antara anggota DPR Papua, John Gobai dan Feri Omaleng dengan masyarakat Kampung Harapan, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura pada Rabu (8/5/2019) – Jubi/Arjuna Pademme

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Para kepala suku dan masyarakat adat yang bermukim di sekitar Danau Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua menginginkan adanya upaya pelestarian hutan sagu di pinggiran danau itu. Keinginan itu disampaikan dalam diskusi publik Badan Pembentukan Peraturan Daerah Dewan Perwakilan Rakyat Papua atau Bapperda DPRP di Jayapura, Papua, pada Rabu (8/5/2019).

Dalam diskusi publik yang dihadiri anggota Bapperda DPRP John NR Gobai dan anggota  DPRP Feri Omaleng itu, asyarakat adat Danau Sentani mengeluhkan banyaknya hutan sagu di pinggir danau yang ditebang atau ditimbun. Penebangan atau penimbunan hutan sagu di tepi Danau Sentani kerap dilakukan pihak yang ingin mendirikan bangunan di sana.

“Kini hutan sagu di pinggiran danau ditebang. Ditimbun untuk pembangunan. Ini yang menyebabkan penyempitan danau. Penimbunan itu juga membuat air danau meluap lebih tinggi. Pinggiran Danau Setani mesti kembali ditanami sagu,” kata salah satu peserta diskusi, Simon Pepuho.

Warga lainnya, Melky S Puraro mengatakan hal yang sama. Puraro menyatakan pesatnya pembangunan dan pertumbuhan penduduk membuat pinggiran Danau Sentani semakin padat. Pohon-pohon sagu di tepi danau ditebang, daerah yang mestinya menjadi resapan air danau kini menjadi lokasi pembangunan. “Selama ini kami tanam sagu, tapi dibabat habis untuk kepentingan pembangunan,” kata Melky Puraro.

Menanggapi apirasi warga itu, John NR Gobai mengatakan penebangan dan penimbunan hutan sagu secara berlebihan bisa mengganggu keseimbangan alam di Danau Sentani.”Pemerintah mesti memperkuat masyarakat (dan mendorong mereka untuk menanam sagu di tepi Danau Sentani). (Penanaman kembali hutan sagu itu dibutuhkan) agar kesimbangan di sekitar danau tetap terjaga,” ucap Gobai.(*)

Editor: Aryo Wisanggeni G 

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Populer

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)