Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Masyarakat jangan terpecah gara-gara pilkada

Uskup Mgr Petrus Canisius Mandagi, MSC – Jubi/Frans L Kobun.

Papua No.1 News Portal | Jubi

Merauke, Jubi – Uskup Administrator Keuskupan Agung Merauke Mgr Petrus Canisius Mandagi, MSC berharap masyarakat tidak terpecah-belah karena pemilihan kepala daerah. Semua harus tetap hidup rukun dan harmonis meskipun berbeda dalam pilihan politik.

“Pertarungan (persaingan bakal calon kepala daerah) mulai muncul. Saya melihat baleho pasangan calon bupati di setiap sudut kota (Merauke),” kata Uskup Mandagi dalam keterangan pers, seusai pentahbisan pastor dan daikon, Jumat (24/1/2020).

Dia menegaskan siapa pun boleh menjadi calon pemimpin daerah. Namun, jangan sampai membuat kekacauan dan merusak hubungan sosial di masyarakat hanya demi memenangi pemilihan kepala daerah (pilkada).

“Saya meminta Pilkada Merauke tidak membuat kita (masyarakat) terbelah. Setiap kandidat harus saling berusaha dan ikut menjaga kedamaian di tanah (daerah) ini,” ujarnya.

Uskup Mandagi juga berharap pemenang pilkada tidak bersikap sombong. Mereka harus merangkul kandidat yang kalah. Sebaliknya, calon yang kalah harus berbesar hati menerima kenyataan tersebut.

Uskup berjanji mengumpulkan para bakal calon kepala daerah beragama Katolik. Kemudian, melakukan survei untuk mengetahui bakal calon yang memeroleh dukungan tertinggi dari masyarakat setempat.

Loading...
;

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Merauke Maria Theresia Mahuze mengatakan tahapan pilkada setempat telah berlangsung sejak tahun lalu. “Saat ini kami menunggu calon bupati dan wakil bupati yang mendaftar melalui jalur perseorangan. Namun, belum ada yang mendaftarkan diri.” (*)

 

Editor: Aries Munandar

Baca artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top