Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Masyarakat Kampung Ihalik Sandarkan Hidup dari Jual Daging Rusa

gerardus kaize
Anggota DPRD Merauke, Gerardus Kaize – Jubi/Frans L. Kobun

Merauke, Jubi – Masyarakat Kampung Ihalik, Distrik Kaptel, Kabupaten Merauke, menyandarkan hidup hanya dari berjualan daging rusa maupun ikan untuk memenuhi kebutuhan hidup setiap hari.

Demikian disampaikan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Merauke, Gerardus Kaize kepada Jubi Sabtu (1/8/2015). Dijelaskan, meski hanya mengandalkan daging rusa sebagai pendapatan, namun kehidupan masyarakat adalah orang asli Papua, mengalami kemajuan.

Diakui jika ada beberapa penadah yang datang langsung di Kampung Ihalik sekaligus membeli daging rusa maupun ikan. “Saya tidak menanyakan kepada masyarakat harga perkilogram daging yang dijual. Namun initinya, bisa untuk membeli beberapa kebutuhan pokok,” katanya.

“Saya memang pernah ke Kampung Ihalik sekaligus melihat akan kehidupan masyarakat di sana. Sehingga bisa memastikan jika mereka juga hidup baik meskipun hanya dengan berjualan daging rusa maupun ikan yang diambil dari rawa,” tuturnya.

Ditambahkan, akibat topografi wilayah yang sangat sulit, sehingga pelayanan kepada masyarakat di sana, jarang dilakukan. Namun demikian dana Gerbangku maupun PNPM Mandiri serta Respek masuk, sehingga berbagai kegiatan pembangunan dapat dijalankan.

Bupati Merauke, Romanus Mbaraka beberapa waktu lalu mengatakan, potensi sumber daya alam di daerah ini masih sangat banyak. Tinggal saja bagaimana kesadaran masyakat untuk mencari. Tetapi suatu waktu harus berpikir mencari sumber kehidupan lain. Karena lama kelamaan, rusa maupun ikan akan berkurang juga. (Frans L Kobun)

Loading...
;

Baca artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top