Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Masyarakat Papua harus dukung PON 2020

Sekretaris Umum KONI Papua, Kenius Kogoya saat menutup kegiatan Hasil Rapat Anggota Tahunan (RAT) Komite Nasional Olahraga Indonesia (KONI) Provinsi Papua – Jubi/Roy Ratumakin.

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Sekretaris Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Papua Kenius Kogoya berharap seluruh masyarakat Papua selalu optimis dan mendukung pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2020 di Papua.

“Kesempatan ini harus kita manfaatkan, karena menjadi tuan rumah PON tidak akan kita tidak akan dapat 100 tahun lagi,” kata Kenius kepada wartawan, Kamis (26/9/2019) di Jayapura.

Kata Kenius, PON bukan hanya milik pemerintah maupun KONI akan tetapi milik seluruh warga masyarakat yang berada di Papua.

“Kita jangan pesimis, kita harus optimis PON harus sukses di Papua. Tidak boleh kita menanggapi hal-hal yang membuat kurang bagus disini, meskipun kita tahu ada yang terjadi di Papua, tapi harus dukung dan peduli dengan event ini,” ujarnya.

Loading...
;

Dikatakan, PON sangat penting bagi Papua karena akan menjadi nilai tambah bagi pemerataan pembangunan di Papua, maupun meningkatkan ekonomi masyarakat, karena sukses PON bukan hanya sukses penyelenggaraan dan sukses prestasi.

“PON bisa tingkatkan ekonomi masyarakat di kampung-kampung, apalagi masyarakat bisa menjual aksesoris khas lokal Papua, juga makanan-makanan khas lokal bisa di jual di tempat wisata. Itu kan meningkatkan penjualan ekonomi bahkan PAD di tiap daerah yang ditunjuk sebagai klaster PON,” katanya.

Sebelumnya Gubernur Papua Lukas Enembe mengatakan, suksesnya pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2020 di Bumi Cenderawasih, bergantung kepada dukungan negara. Menurutnya, sampai saat ini masih ada kekurangan sekitar Rp4 triliun untuk pelaksanaan PON.

“Kalau negara tidak dukung (PON), kita gagal. Ya (tapi) kegagalan bukan (dari) provinsi, tapi kegagalan negara,” kata Enembe, di Jayapura belum lama ini.

Menurut Gubernur Lukas Enembe, pelaksanaan PON XX Papua tahun 2020 bukan saja menjadi agenda pemerintah provinsi, tetapi juga negara, di mana Papua mendapat kesempatan menjadi tuan rumah. Oleh karenanya, hasil evaluasi PON 2020 akan dilaporkan kepada Presiden dalam waktu dekat, dengan harapan mendapat perhatian pusat. (*)

Editor: Edho Sinaga

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top