HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Masyarakat Yahukimo, Papua temukan mumi

Ilustrasi mumi Papua – IST

Jayapura, Jubi – Peneliti dari Balai Arkeologi Papua, Hari Suroto mengatakan salah satu warga yang berdomisili di Distrik Angguruk, Kabupaten Yahukimo, menemukan mumi yang dikenal sebagai Yamen Silok atau mumi Angguruk.

Hari menjelaskan, masyarakat yang tinggal di Lembah Baliem dalam tradisinya mengenal mumi.

Mumi dalam bahasa Suku Dani disebut dengan “akonipuk” yang berarti manusia yang dikeringkan. Hanya laki-laki panglima perang Suku Dani saja yang berhak diawetkan dalam bentuk mumi.

“Namun ada yang menarik adalah di Lembah Baliem sebelah timur terdapat mumi yang unik milik Suku Yali,” katanya Jumat (7/6/2019).

Mumi ini, kata dia, merupakan satu-satunya mumi perempuan. Mumi ini dikenal sebagai Yamen Silok atau mumi Angguruk, disebut mumi Anggruk karena tepatnya berada di Kampung Angguruk, Distrik Kurima, Kabupaten Yahukimo.

Loading...
;

Lanjut dia, terjadinya mumi Yamen Silok secara tidak sengaja alias terbentuk secara alami.

“Mumi ini pada awalnya ditemukan oleh salah satu anggota Suku Yali di dalam sebuah gua yang di dalamnya terdapat sungai bawah tanah,” katanya.

Ia menambahkan, Lembah Baliem dikenal bercuaca sangat dingin, sehingga orang yang meninggal dalam gua tersebut diperkirakan terproses secara alami menjadi mumi. (*)

Editor : Victor Mambor

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top

Ko ikut kompetisi Vlog, Foto dan Cerita Rakyat HUT Jubi boleh....