Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Masyarakat Yoboi tolak kampung adat

Rapat para tetua adat di Kampung Yoboi, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura, Rabu (6/11/2019) – Jubi/Engelbert Wally.

Papua No.1 News Portal | Jubi
Sentani, Jubi – Masyarakat Yoboi di Distrik Sentani menolak keberadaan kampung adat yang dibentuk Pemerintah Kabupaten Jayapura. Sejak terbentuk pada 2016, pemerintahan kampung adat di Yoboi dinilai tidak berjalan baik.

Penolakan tersebut disampaikan Kepala Kampung Adat Zefanya Wally dalam rapat bersama para tetua adat di Obhe atau pendopo adat Kampung Yoboi. Dia menyatakan keberadaan pemerintahan kampung adat yang tidak berjalan baik berdampak terhadap program pembangunan di Yoboi.

“Legalitas surat keputusan ondofolo (kepala suku) kepada pemerintahan kampung adat tidak bersinergi dengan (tidak diakui oleh) sistem (birokrasi) pemerintahan. Dalam proses pencairan dana pembangunan di Bank Papua, (misalnya) surat keputusan itu sama sekali tidak berlaku,” kata Zefanya, saat ditemui di Kampung Yoboi, Rabu (6/11/2019).

Zefanya mengakui kepemimpinannya dalam pemerintahan kampung selama ini tidak efektif. Dia tidak dapat berbuat banyak dalam membangun Kampung Yoboi.

“Saya kembali (terpaksa) menggunakan surat keputusan kampung lama untuk mencairkan dana di bank. Specimen-nya ternyata diterima sehingga bisa membangun perumahan warga,” ungkapnya.

Loading...
;

Tokoh Masyarakat Yoboi Yunus Wally menyatakan kampung adat semula dibentuk pemerintah daerah sebagai sebuah terobosan untuk mengembalikan sistem pemerintahan adat. Masyarakat waktu itu pun menanti kiprah dan gebrakan dari kepala kampung adat yang barusan dilantik.

“Kepala kampung ternyata bingung dalam mengurus administrasi pencairan dana pembangunan. Kalau tidak ada dana pembangunan, bagaimana kampung adat mau maju. Oleh sebab itu, kami bersepakat menolak kampung adat di Yoboi,” kata Yunus. (*)

 

Editor: Aries Munandar

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top