HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Mau ikut Pordis, kumpul sampah dulu

Kepala Distrik Sentani dan seorang staf, ketua panitia usai wawacara di Sentani – Jubi/Engel Wally

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Sentani, Jubi – Salah satu program pengembangan potensi generasi muda di Kabupaten Jayapura dalam bidang olahraga yang akan dilaksanakan oleh Pemerintah Distrik Sentani bekerja sama dengan KNPI Distrik Sentani adalah Pekan Olahraga Distrik (Pordis).

Syarat untuk mengikuti semua cabang olahraga (cabor) dalam Pordis nanti, setiap tim di masing-masing cabor harus mengumpulkan sampah non-organik seberat 100 kilogram, yang nantinya dikonversi sebagai biaya pendaftaran. Sampah tersebut diserahkan langsung kepada bank sampah Kenambai Umbai, yang akan menimbang dan mengkonversikan sampah tersebut dalam nominal uang.

“Syarat ini sebagai bentuk membangun kesadaran generasi muda kita untuk selalu mempunyai kepedulian terhadap lingkungan, tidak hanya olahraga saja yang penting, tetapi lingkungan kita juga harus bersih,” ujar Kepala Distrik Sentani, Budi P. Yoku, saat ditemui di Sentani, Rabu (15/5/2019).

Dikatakan, Pordis pertama dicetuskan saat dirinya menjabat Kepala Distrik Nimboran. Format yang sama dalam cabang olahraga, hanya sistem pendaftaran yang tidak menggunakan uang tunai melainkan sampah non-organik.

Loading...
;

“Penting untuk melihat potensi-potensi olahragawan muda di daerah ini, impian kita adalah Pekan Olahrga Nasional. Tetapi dasarnya tidak kita siapkan dari saat ini juga akan mubazir,” katanya.

Sementara itu, Ketua Panitia Pordis, Rendy Suebu, mengatakan syarat pendaftaran dengan mengumpulkan sampah adalah bagian yang tidak terlepas dari program pemerintah daerah ‘Go Adipura 2019’. Tetapi juga bagimana meningkatkan kesadaran pemuda untuk selalu menjaga lingkungannya dari tumpukan sampah.

“Puji Tuhan sudah ada 18 tim sepakbola dan 15 tim futsal yang mendaftar. Dipastikan dalam waktu-waktu mendatang akan banyak lagi tim-tim yang akan mendaftar dari sejumlah cabor yang diperlombakan atau dipertandingkan. Baik volly, atletik, sepakbola, dan futsal,” ungkapnya. (*)

Editor: Dewi Wulandari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)