Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Media mesti mengedukasi masyarakat terkait ODHA

Diskusi bersama antara komunitas, LSM dan media bersama OPSI dan IAC – Jubi/Agus Pabika.

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Organisasi Perubahan Sosial Indonesia (OPSI) berdiskusi bersama sejumlah jurnalis di Jayapura untuk membahas perkembangan pemberitaan media terkait komunitas, pegiat LSM peduli Aids dan para ODHA di Papua.

Hiswita Pangau, vocal point Organisasi Perubahan Sosial Indonesia (OPSI) mengatakan, kegiatan ini bertujuan membangun jejaring dengan media terkait pemberitaan-pemberitaan tentang komunitas.

“Kita berharap ke depan media bisa memberitakan hal-hal yang lebih positif, membangun dan menginspirasi khususnya terkait komunitas,” kata Hiswita di Jayapura, Kamis (8/8/2019).

Selain itu, media juga diharapkan menjadi jembatan penurunan stigma dan diskriminasi terhadap komunitas maupun Orang Dengan HIV/AIDS (ODHA) di Papua melalui pemberitaan, sehingga dapat mengedukasi masyarakat terhadap pemahaman mereka kepada komunitas yang bergerak mendampingi ODHA serta orang yang terpinggirkan (marginal).

Loading...
;

“Kita harap ke depan pemberitaannya lebih positif dengan mengangkat aktivitas seperti yang dilakukan kawan-kawan dari Rojali. Mereka membersihkan kali Acai dan mereka juga akan lakukan pembersihan sampah di pantai Ciberi, dan kerajinan tangan daur ulang plastik menjadi gaun dan itu bisa menjadi satu isu menarik untuk di angkat terkait komunitas agar membangun pemahaman masyarakat tentang komunitas ke arah yang lebih positif,” katanya.

Ia pun kembali menjelaskan, banyak sekali stigma yang melekat pada ODHA satu diantaranya adalah tidak produktif. Padahal jika dilihat dan berdasarkan data saja, ODHA yang ada di Indonesia khususnya di Papua memiliki banyak karya melalui aktivitas mereka, bahkan mengalahkan sejumlah hasil karya masyarakat yang sehat.

“Diskusi hari ini kami melibatkan komunitas Rojali, Iwaja, ODHIV, komunitas pekerja seks dan LSM yang terlibat hari ini bersama kawan-kawan media,” katanya.

Sementara, Dessy Manggaprouw satu diantara aktivis kemanusiaan yang juga ketua komunitas Papua Pecandu Damai (Papeda) berharap, media dan komunitas menjadi mitra yang baik guna memberikan edukasi informasi yang positif atas keberadaan sejumlah komunitas agar mereka (ODHA) juga bisa diterima di tengah masyarakat.

Setelah hari ini melakukan diskusi bersama jurnalis, pada esok, Jumat (9/8/2019) OPSI juga akan mengunjungi sejumlah kantor redaksi, satu diantaranya Jubi. OPSI  akan melakukan diskusi bersama media, terkait langkah pemberitaan khususnya bagi kaum marginal. (*)

Editor: Edho Sinaga

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top