HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Memajukan pendidikan di Mappi

Para siswa di Mappi pada momen Hardiknas 2 Mei 2019 – Jubi/Dok. Penulis

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Oleh: Geradus Wen

Pekan kreatif Mappi cerdas, Mappi religi dan Mappi bermartabat (Macereberta) sudah usai digelar. Pekan kreatif Macereberta hadir untuk memeriahkan Hardiknas 2 Mei 2019, sekaligus hendak menggali potensi peserta didik, kepala-kepala sekolah dan pengawas sekolah pada semua jenjang  pendidikan.  Sebanyak  empat puluh jenis lomba mengisi berbagai acara pekan kreatif Macereberta sejak 28 April sampai  1 Mei 2019.

Ratusan peserta didik sibuk dan dengan caranya sendiri mengikuti lomba-lomba yang ada. Semua tampil penuh percaya diri dan berusaha menjadi juara pada jenis lomba yang diikutinya.

Catholic Centre Gereja Santu Yakobus Rasul, tempat semua lomba dilaksanakan menjadi ramai dan banyak warga menjadi terhibur saat menyaksikan berbagai lomba ini. Semua jenis lomba dikategorikan dalam macereberta bersifat akademis dan nonakademis.

Loading...
;

Menarik bahwa dari Distrik Tizain, distrik terjauh dari titik kota Kabupaten Mappi, Kepi pun hadir dan terlibat mengikuti lomba. Jenis-jenis lomba dalam pekan kretif antara lain lomba menggambar untuk TK, OSN untuk SD, SMP, SMA dan SMK. Lomba tarian Papua kreasi baru untuk SD, lomba debat bahasa Inggris dan lomba pidato bahasa Indonesia untuk SMA dan SMK, lomba membuat cerpen untuk tingkat SMA dan SMK, lomba membuat poster tentang Mappi bermartabat untuk tingkat SMA dan SMK, lomba membuat doa dan melantunkan doa secara spontan untuk SMP, lomba calistung untuk SD kelas I, kelas II dan Kelas III SD, lomba  catur untuk SMP, SMA dan SMK, dan lain-lain.

Lomba-lomba dalam pekan kreatif macereberta merupakan proses  untuk meraih konsep pasti cerdas, religi, dan bermartabat orangnya (pacereberto) ketika ada ruang dan waktu yang bebas untuk mengembangkan diri. Proses pekan kreatif macereberta sudah dibuka dan sudah pasti diselenggarakan menjelang 2 Mei setiap tahun.

Kegiatan yang sudah dibuka ini, sudah memberi gambaran kepada semua guru, kepala sekolah dan pengawas sekolah untuk mulai mempersiapkan diri dengan baik untuk mengikuti pekan kreatif Macereberta yang akan datang. Jika proses ini dimulai sejak awal dipersiapkan dan juga rutin dilakukan di semua jenjang pendidikan di wilayah Kabupaten Mappi bukan tidak mungkin konsep pasti cerdas, religi dan bermartabat orangnya (Pacereberto) akan secara bertahap bisa terwujud.

Refleksi kritis dari uraian tadi adalah bahwa pendidikan adalah tindakan politik untuk menyelamatkan umat manusia. Pendidikan sejati bertujuan untuk memuliakan manusia, menjadikan manusia subjek atas dirinya sendiri, demikian pandangan paedagog Brazil, Paulo Freire, yang sangat serius membangun pendidikan di Brazil sejak 1921-1997.

Dengan kata lain, pendidikan harus selalu membebaskan peserta didik dari konsep tidak diberi tahu, tidak pernah dididik, tidak pernah dilatih, tidak pernah diajar, atau konsep asal mendidik dan mengajar, asal ada peserta ujian, dan lain-lain.

Dalam konteks tersebut  proses usaha menguatkan dan mengangkat kapasitas peserta didik pada ranah kognitif, afektif, dan psikomotor sudah merupakan keniscayaan untuk secara kontinu dilakukan oleh semua aktor pendidikan (tiga ranah penting taksonomi Bloom, perlu dibaca dan diingat kembali).

Tentu tema nasional Hardiknas 2 Mei tahun 2019 yaitu menguatkan pendidikan, memajukan kebudayaan sangat releven untuk direfleksikan oleh semua pihak bahwa proses pendidikan yang baik dan benar sudah pasti melahirkan generasi, SDM hebat dan unggul di suatu bangsa dan negara. Jika generasi, SDM hebat, unggul ini sudah terus-menerus ada, maka kebudayaan pun pasti terus menerus maju dan berkembang  mengikuti irama ruang dan waktu.

Siapa mendukung dan terlibat untuk itu? Jawabannya adalah semua untuk pendidikan bermutu dan pendidikan bermutu untuk semua. (*)

Penulis adalah Kepala Sub Bagian Umum dan Kepegawaian  dinas Pendidikan dan Pengajaran Kabupaten Mappi

Editor: Timo Marthen

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top