Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Mengenal WAPSA, asosiasi pelajar Papua di Perth, Australia Barat

WAPSA dalam Spring Feast at The University of Western Australia, 17 Oktober 2019 – IST

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Belajar di luar negeri merupakan kebanggan bagi anak anak Papua sekaligus menjadi tantangan yang menarik bagi pelajar di Papua. Saat ini ada cukup banyak pelajar Papua yang belajar di luar negeri salah satunya di Australia Barat (Western Australia). Di sini, banyak pelajar asal papua tergabung dalam sebuah wadah pelajar bernama WAPSA (Western Australia Papuan Student Association). Wadah ini terdiri dari sejumlah mahasiswa dari College yaitu Canning College dan Murdoch Institute Technology dan Universitas seperti University of Western Australia, Curtin University dan Murdoch University yang menempuh study mulai dari setingkat SMA sampai S3. Wadah yang baru di bentuk pada bulan Mei 2019 ini membawa slogan “Beyond educational Experiences” atau lebih dari pengalaman akademik. Kegiatan yang baru dilakukan adalah membentuk tim tari dan workshop yang baru baru ini di lakukan.

Gala Dinner untuk memperingati HUT Kemerdekaan RI sekaligus memperingati 70 tahun Hubungan Diplomasi Indonesia dan Australia, 24 Oktober 2019 – IST

Tim tari pertama yang di bentuk adalah tim tari Yosim Pancar atau YOSPAN. Berbekal pengalaman yang ada dan sumber daya yang terbatas, tim ini sudah bisa melakukan performance di beberapa kegiatan penting di Perth, Australia Barat. Pertama tampil pada Spring Feast at The University of Western Australia, kedua tampil pada Gala Dinner untuk memperingati HUT Kemerdekaan RI sekaligus memperingati 70 tahun Hubungan Diplomasi Indonesia dan Australia dan Festival Indonesia yang merupakan festival Indonesia tahunan terbesar di Perth. Untuk dapat tampil pada kegiatan-kegiatan tersebut, tentu tidak mudah karena harus menyesuaikan jadwal kuliah yang berbeda-beda, apalagi akhir semester adalah waktu paling sibuk bagi para mahasiswa.

Anggota WAPSA – IST

Akhir semester selalu di sertai dengan banyaknya tugas tugas besar, presentasi, dan kerja kelompok yang membutuhkan komitmen dan manajemen waktu. Meskipun demikian, semua anggota mampu membagi waktu dengan baik sehingga dapat memenuhi undangan pada setiap penampilan. Selain itu, WAPSA juga telah mengadakan sebuah workshop tentang menulis artikel, yang mana nara sumbernya adalah dari salah satu pelajar Papua yang menempuh pendidikan pada tingkat PhD (S3) di Australia Barat. Kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan pemahaman tentang cara menulis artikel, pentingnya menulis artikel, serta memberikan beberapa contoh dari para penulis artikel asal Papua yang tulisannya sudah di publikasikan.

Jika dilihat jadwal latihan dan kuliah cukup padat, namun para pelajar di Australia Barat tetap menjalankan tugas utama yaitu belajar di kampus masing-masing.

Loading...
;
Festival Indonesia, Perth 27 Oktpber 2019 – IST

“Kami masih akan menguasahakan untuk melakukan performance yang lebih baik lagi kedepan. Karena selain menjadi ekstrakurikuler, ini juga dapat menjadi bagian dari mempromosikan kebudayaan Papua ke mancanegara. Karena yang menyaksikan penampilan YOSPAN dari WAPSA bukan hanya berasal dari Australia, tetapi juga berasal dari negara negara lain,” kata ketua WAPSA (Piter Ginuny/Piche).

Melalui diskusi yang dilakukan oleh WAPSA sendiri, kedepan di sela sela kesibukan WAPSA berharap bahwa dapat melakukan kegiatan kegiatan produktif lainnya yang dapat mengembangkan diri sekaligus menjadi waktu dimana para pelajar asal Papua tidak hanya datang dan belajar, tetapi dapat mengambil banyak pengalaman dari berbagai kegiatan ini. Selain itu, melalui wadah ini, kami juga mengharapkan networking yang terbangun antar sesama pelajar dan organisasi lain yang ada di Australia bisa menambah pembelajaran yang lebih ketika pulang nanti ke Papua. (*)

Editor : Victor Mambor

Baca artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top