Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Menhub akan kembangkan Bandara Dekai di 2020

Bandar Udara (Bandara) Nop Goliat, Dekai, Kabupaten Yahukimo – Jubi/ist.

Papua No. 1 News Portal | Jubi

 Jayapura, Jubi – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan akan mengembangkan Bandar Udara (Bandara) Nop Goliat, Dekai, Kabupaten Yahukimo, 2020 mendatang. Ini untuk mewujudkan Bandara Nop Goliat menjadi salah satu bandara transit bagi wisatawan selain di Wamena, Kabupaten Jayawijaya.

“Kita akan lebih banyak pergerakan pembangunan di sana. Selain menyiapkan untuk pesawat berbadan lebar, kita juga akan persiapkan untuk pembangunan dua bandara perintis di Distrik Korupun dan Soba,” katanya kepada wartawan di Sentani belum lama ini.

Selain pengembangan Bandara Nop Goliat, Menhub juga akan membangun pelabuhan melalui jalur sungai di Kabupaten Asmat yang akan menjadi moda transportasi sungai agar lebih mudah menuju Dekai.

Pembangunan Bandar Udara Nop Goliat yang dibangun di atas lahan seluas 230 Ha telah dimulai sejak 2004 hingga tahun 2010 dan menelan anggaran sebesar Rp321 miliar. Bandara tersebut memiliki panjang landas pacu atau runway 1.950 m x 30 m, yang dilengkapi dengan 2 exit taxiway dengan ukuran 75 m x 23 m dan luas apron 320 m x 60 m.

Loading...
;

Bupati Yahukimo, Abock Busup berharap ke depan, ada rute penerbangan dari Dekai – Timika dan langsung ke Makassar. Ini untuk mempersingkat jarak tempuh dari Timika – Makassar yang membutuhkan waktu 2,5 jam.

“Saya pikir Menteri datang untuk melihat dan langsung menanyakan sehingga proses penyelesaian pembangunan bisa lebih cepat. Dan diharapkan membantu pelayanan aktivitas masyarakat terutama di wilayah pegunungan,” katanya. (*)

Editor: Edho Sinaga

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top