HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Menjelang UNBK, komputer di dua SMP ini digondol pencuri

Ilustrasi, siswa-siswi di Papua sedang mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) – Jubi/Islami

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Timika, Jubi – Musyawarah Kerja Pengawas Sekolah (MKPS) SMA/SMK Kabupaten Mimika, Papua, mendesak pihak kepolisian setempat segera mengungkap pelaku pencurian puluhan unit komputer dan laptop milik SMP YPPK Santo Bernadus dan SMP Negeri 2 Timika.

Ketua MKPS SMA/SMK Mimika, Laurents Lassol, di Timika, Rabu (3/4/2019), mengatakan fasilitas tersebut akan digunakan siswa pada ujian nasional berstandar komputer (UNBK) jenjang SMP pekan depan.

Kejadian pencurian komputer sebanyak 17 unit di SMP YPPK Santo Bernadus dan tujuh unit komputer di SMP Negeri 2 Mimika, kata dia, sangat memprihatinkan.

“Bagaimana tidak, fasilitas itu sudah diusahakan sedemikian rupa oleh sekolah, mungkin juga dengan meminta dukungan dari orangtua murid agar sekolah bisa menyelenggarakan UNBK. Akan tetapi, dengan segampang itu dibawa lari oleh gerombolan pencuri. Kami berharap kepolisian secepatnya mengungkap kasus tersebut,” kata Laurents.

Loading...
;

Menurut dia, kejadian pencurian komputer dan laptop di sekolah-sekolah di Timika bukan baru kali pertama tetapi sudah berulang-ulang. Bahkan, beberapa waktu lalu brankas uang milik RSUD Mimika dibawa kabur kawanan pencuri dengan uang tunai sekitar Rp 200 juta.

Menyikapi kondisi tersebut, MKPS Mimika minta sekolah-sekolah memperketat pengawasan fasilitas laboratorium komputer dan barang penting lainnya di sekolah.

“Tingkat kejahatan pencurian di Timika sekarang ini sudah sangat rawan. Melalui grup WhatsApp SMA/SMK, kami selalu mengingatkan sekolah-sekolah untuk menjaga keamanan fasilitas di sekolah-sekolah. Bahkan, menjelang pelaksanaan ujian nasional jenjang SMA, nyaris terjadi pencurian komputer di salah satu sekolah penyelenggara UNBK,” kata Laurents.

Terkait dengan kasus tersebut, Kapolres Mimika, AKBP Agung Marlianto, berjanji secepatnya mengungkap kasus pencurian komputer dan laptop milik SMP YPPK Santo Bernadus dan SMP Negeri 2 Mimika.

“Cepat atau lambat kami akan tangkap pelakunya,” kata AKBP Agung.

Kapolres meminta sekolah-sekolah agar tidak perlu ragu meminta bantuan kepolisian untuk pengamanan barang-barang penting dan strategis di sekolah, apalagi yang berkaitan dengan penyelenggaraan ujian nasional.

“Untuk pengamanan barang-barang penting dan strategis di sekolah, sedapat mungkin berkoordinasi dengan aparat kepolisian terdekat. Sama halnya dengan perbankan. Kami menjamin untuk pengamanan itu kepolisian tidak memungut biaya sepeserpun atau free of charge,” tutur AKBP Agung.

Untuk diketahui, SMP YPPK Santo Bernadus dan SMP Negeri 2 Mimika merupakan sekolah penyelenggara UNBK di Mimika bersama 23 SMP lainnya.

SMP YPPK Santo Bernadus tahun ini kali pertama menggelar UNBK, sementara SMP Negeri 2 Mimika penyelenggaraan UNBK tahun ini merupakan yang kedua sejak 2018. (*)

Editor: Dewi Wulandari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top