Menlu AS segera bicarakan nuklir dengan Jepang dan Korsel

Menlu AS segera bicarakan nuklir dengan Jepang dan Korsel

Ilustrasi diplomasi, pixabay.com

Papua No. 1 News Portal | Jubi,

Washington, Jubi – Departemen Luar Negeri AS, Senin (10/6/2019) menyebutkan Menteri Mike Pompeo dijadwalkan berkunjung ke Jepang dan Korea Selatan pada akhir Juni. Kehadiran dia untuk membicarakan perlucutan senjata nuklir  atau denuklirisasi di Semenanjung Korea.

“Pompeo akan mendampingi Presiden AS Donald Trump melakukan pertemuan dengan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe di sela-sela konferensi tingkat tinggi Kelompok 20 Negara (KTT G20) di Osaka, Jepang, pada 28 hingga 29 Juni,” kata juru bicara Deplu AS, Morgan Ortagus.

Baca juga : Ini tudingan AS terkait serangan tanker minyak

AS tolak pemutusan hubungan diplomatik Maduro

Kim Jong-un kirim pesan perdamaian untuk Trump

Setelah KTT G20, Pompeo akan mendampingi Trump mengunjungi Korea Selatan. Di negara itu, mereka akan bertemu dengan Presiden Korsel Moon Jae-in guna membahas masalah denuklirisasi dan kerja sama bilateral.

Sebelum terbang ke Jepang dan Korea Selatan, Pompeo akan bertandang ke India dan Sri Lanka sebagai persinggahan pertama dalam rangkaian lawatannya di Asia, yang dijadwalkan berlangsung dari 24 Juni hingga 30 Juni.

Tercatat perundingan antara Korea Utara dan Amerika Serikat menyangkut perlucutan senjata mengalami kebuntuan sejak Pemimpin Korut Kim Jong Un dan Presiden Trump bertemu untuk kedua kalinya.

Pertemuan Trump-Kim yang berlangsung di Hanoi, Vietnam, pada Februari itu berakhir tanpa menghasilkan kesepakatan apa pun. (*)

Editor : Edi Faisol

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Populer

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)