Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Menyambut para multijutawan penumpang kapal supermegah

Tarian Yospan menyambut kedatangan kapal pesiar MV The World di Pelabuhan Laut Biak, Jumat (17/1/2020) – Humaspro Pemkab Biak.

Papua No.1 News Portal | Jubi

Persinggahan MV The World menjadi kebanggaan tersendiri bagi Biak Numfor. Tidak semua pelabuhan mampu disandari kapal berbendera Bahama, tersebut.

TARIAN Yospan dan tradisi mansorandak menyambut kedatangan MV The World di Pelabuhan Biak. Mansorandak ialah ritual menginjakan piring dalam tradisi penyambutan tamu di Biak Numfor. Mansorandak dilakukan oleh sang nahkoda kapal, Kapten Dag Harald Zavik.

MV The World merupakan kapal pesiar supermewah dengan penumpang superkhusus pula. Wajar saja kedatangannya disambut dengan upacara khusus dan antusiasme warga Kota Biak.

MV The World merupakan salah satu kapal pesiar terbesar sekaligus termewah di dunia. Kapal ini memiliki panjang 196 meter dan berbobot lebih dari 43 ribu gross ton. Namun, kapasitas angkut penumpangnya tidak lebih dari 300 orang. Itu lantaran hanya orang superspesial yang bisa menjadi penumpangnya.

Pengelola kapal mematok Rp39 miliar sebagai harga sewa untuk satu kamar selama pelayaran. Itu harga paling murah. Harga paling mahal ialah sebesar Rp200 miliar.

Tidak bisa dibayangkan berapa pendapatan dan nilai kekayaan para penumpang kapal. Mereka sudah dipastikan merupakan multijutawan.

Loading...
;

Karena sangat eksklusif, calon penumpang kapal juga harus menjalani seleksi ketat. Mereka harus menyertakan data pendapatan, pekerjaan, hingga asal usul keluarga saat mengajukan diri menjadi calon penumpang MV The World.

The World bersandar di Dermaga Pelabuhan Laut Biak pada Jumat, 17 Januari 2020. Kedatangan mereka juga disambut sejumlah pejabat penting daerah.

Mengutip informasi di laman facebook Humas dan Protokoler Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Biak Numfor, Minggu, The World merapat sekitar pukul 12.00 Waktu Papua. Kedatangan mereka membawa wisatawan cum multijutawan yang akan mengunjungi Goa Jepang dan Pasar Darfuar di Kota Biak. Terdata ada 116 dari 140 penumpang kapal mengikuti paket wisata tersebut.

“Kedatangan MV The World meningkatkan citra pariwisata Biak Numfor. Itu pasti dapat menarik lebih banyak turis mancanegara ke Biak Numfor,” kata Kepala Dinas Pariwisata Biak Numfor Turbey Dangeubun, saat menyambut kedatangan MV The World.

Daerah terpilih

MV The World layaknya apartemen mewah terapung dengan fasilitas serbakelas wahid. Salah satu fasilitasnya ialah kolam renang, sauna, pusat kebugaran (fitness center), serta pelbagai sarana olah raga dalam ruangan (indoor).

Mengutip keterangan Expedition Team, Oswald Huma yang dilansir Tim Humas dan Protokeler (Humaspro) Pemkab Biak, MV The World berlayar selama 18 hari di Papua. Katadata.co.id memberitakan, kapal pesiar tersebut sebelumnya bertolak dari Pelabuhan Palau dengan mengangkut 286 kru dari 37 negara, dan 195 penumpang dari 19 negara.

Pelayaran kali ini merupakan perjalanan perdana MV The World setelah selesai menjalani perawatan berkala (docking) pada Mei tahun lalu. Kapal ini juga mengagendakan pelayaran ke Raja Ampat, Sorong, dan Banda Neira sebelum melanjutkan perjalanan menuju Darwin, Australia.

Persinggahan MV The World menjadi kebanggaan tersendiri bagi Biak Numfor. Tidak semua pelabuhan mampu disandari kapal berbendera Bahama, tersebut.

Warga setempat pun larut dalam kebanggaan itu. Warga bahkan berharap MV The World berlabuh lebih lama di Biak sehingga mereka bisa leluasa mendokumentasikannya.

“Hal yang luar biasa (menakjubkan).  Penumpang kapal ini adalah orang-orang kaya, tetapi cara berpakaian dan berbicara mereka sangat sederhana. Mereka ramah dan begitu memuji (mengagumi) Biak,” kata Leny, warga yang ikut menyaksikan kemegahan dan kemewahan MV The World, seperti dikutip Tim Humaspro Pemkab Biak Numfor.

MV The World hanya mampir selama setengah hari di Kota Biak. Kapal bertolak kembali pada Jumat malam untuk melanjutkan perjalan menuju Waisai di Kepulauan Raja Ampat, Papua Barat.  (*)

 

Editor: Aries Munandar

Baca artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top