Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Merauke masih kekurangan 1.600 guru

Ilustrasi pelajar sekolah dasar di Papua – dok. Jubi.

Papua No.1 News Portal | Jubi

Merauke, Jubi – Kabupaten Merauke memiliki 2.445 guru. Mereka masih membutuhkan tambahan sebanyak 1.656 guru untuk memenuhi kebutuhan sekolah di berbagai kampung. Itu berarti kebutuhannya melebihi separuh dari formasi yang tersedia saat ini.

“Kami masih kekurangan guru di jenjang SD, SMP maupun SMA dan SMK. Kondisi ini tentu mengganggu (menghambat) kegiatan belajar-mengajar,” kata Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Merauke Tiasony Betaubun, Senin (18/11/2019)

Tiasony dapat memahami keluhan masyarakat terhadap penyelenggaran pendidikan di kampung selama ini. Namun, pemerintah terus melakukan pembenahan agar aktivitas pendidikan tersebut berjalan optimal.

“Hari ini, dilakukan rapat kerja dengan kepala sekolah, yayasan (pendidikan), DPRD Merauke, dan sejumlah stakeholder. Kami membicarakan problem pendidikan selama ini,” ujarnya.

Loading...
;

Persoalan kekurangan guru dan efektivitas proses belajar-mengajar di kampung menjadi salah satu agenda pembicaraan mereka. Rapat kerja tersebut diharapkan menghasilkan solusi konkret.

Tiasony menambahkan Disdikbud Merauke telah mengfektifkan pembelajaran membaca, menulis dan menghitung (calistung) supaya tidak ada lagi siswa tidak menguasai keterampilan dasar tersebut saat memasuki SMP. Sejumlah guru juga diizinkan berkuliah untuk meningkatkan kualifikasi dan kompetensi mengajar.

Anggota DPRD Merauke Dominikus Ulukyanan mengungkapkan aktivitas pendidikan di berbagai kampung, terutama di perkampungan Orang Asli Papua banyak terhenti. Para guru meninggalkan tugas dengan berbagai alasan sehingga proses belajar-mengajar menjadi mandeg.

“Itu menjadi pekerjaan rumah (buat) pemerintah. Mereka harus membenahi wajah pendidikan yang tidak pernah mengalami kemajuan,” kata Ulukyanan. (*)

 

Editor: Aries Munandar

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top