Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Merauke siap ekspor 70 ton beras ke PNG

Wakil Bupati Merauke Sularso (menghadap kamera) melayani pertanyaan wartawan – Jubi/Frans L Kobun.

Papua No.1 News Portal | Jubi

Merauke, Jubi – Merauke bersiap mengekspor beras ke Papua Nugini (PNG). Sebanyak 70 ton bahan pangan tersebut bakal diterbangkan dengan Trigana Air.

“Perwakilan PNG telah datang dan mengoordinasikan pengiriman beras. Izin pengangkutannya saat ini masih diurus pihak Trigana Air,” kata Wakil Bupati Merauke Sularso, Rabu (13/11/2019)

Pengangkutan lewat jalur udara tersebut semula direncanakan melalui penerbangan langsung dari Merauke ke Medeng, PNG. Waktu tempuhnya sekitar 2,5 jam. Namun, Gubernur Papua Lukas Enembe meminta ekspor perdana itu melalui penerbangan dari Jayapura.

“Gubernur meminta demikian sehingga harus dilakukan (dipatuhi). Jadi, setelah terbang (dari Bandara Sentani, Jayapura), pesawat menyinggahi Mosbi terlebih dahulu sebelum ke Medeng,” jelas Sularso.

Loading...
;

Sularso belum bisa memastikan jadwal ekspor perdana beras ke PNG tersebut. Mereka masih menunggu penyelesaian urusan administrasi oleh manajemen Trigana Air.

“Ini adalah peluang dan kesempatan (besar). Ekspor perdana, memudahkan pengiriman (beras) dalam jumlah lebih banyak lagi di masa mendatang,” katanya.

Kepala Perwakilan Indonesia di Port Moresby, PNG Andriana Supandi mengatakan ekspor perdana beras dari Merauke menindaklanjuti pemaparan Gubernur Enembe, beberapa waktu lalu. “Gubernur Papua pernah ke PNG dan menyampaikan potensi (komoditas) ekspor di sejumlah daerah. Salah satunya ialah Merauke yang potensinya luar biasa dalam pertanian.” (*)

 

Editor: Aries Munandar

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top