HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Merayakan kemerdekaan ala orang muda Nabire

Pertandingan voli dalam rangka memeriahkan HUT ke-74 RI di Nabire – Jubi/Titus Ruban

Nabire, Jubi – Ada cara unik untuk merekatkan kebersamaan dan memeriahkan kemerdekaan RI bagi umat di Nabire, Papua. Misalnya Orang Muda Katolik (OMK) dan segenap umat Paroki Kristus Sahabat Kita atau KSK.

Mereka menggelar berbagai lomba seperti, bola voli, lari kelereng, lari karung, dan panjat pinang. Peserta terlihat antusias. Sejak Jumat (16/8/2019) pagi mereka memadati halaman gereja dan memekikkan kemerdekaan.

Pastor Paroki KSK Nabire, Pater Yohanes Agus Setiyono, SJ, mengatakan membangun iman dan kecintaan pada tanah air Indonesia tak hanya dengan ibadat dan kegiatan internal keagamaan lainnya.

“Tetapi bisa dalam wujud lain seperti seni dan olahraga,” katanya.

Dia berharap agar umat terus menanamkan nasionalisme sebagaimana pesan tokoh kemerdekaan Mgr. Soegijapranata, 100 persen Katolik dan 100 persen Indonesia.

Loading...
;

“Berkaitan dengan 17 Agustus, maka diharapkan muncul semangat mencintai tempat di mana kita berada. Karena dengan mencintai negara, orang didorong untuk menggunakan waktu dan bersyukur dalam memanfaatkan waktu dengan baik dengan melakukan hal positif,” kata Romo Setiyono.

Salah satu sponsor lomba, Gregorius Borlak, berujar lomba yang digelar anak muda dan umat beriman merupakan bukti kecintaan pada tanah air Indonesia, dan mempererat persatuan antarumat dari berbagai etnis.

Dia mengatakan pertandingan voli digelar sejak 14 Agustus hingga 18 Agustus 2019. Pertandingan voli diikuti 22 regu, yang terdiri dari 9 regu putra dan 13 regu putri.

Pada 18 Agustus selain final, akan ada sejumlah lomba lain, di antaranya, lomba kali kelereng, lomba lari karung, hingga panjat pinang.

“Ke depan lomba-lomba seperti ini akan dilaksanakan guna mempererat persatuan di antara umat Katolik. Jadi, kita tidak berhenti di sini saja, tapi ke depan akan terus dibuat dengan piala bergilir,” katanya.

Salah satu atlet voli, Angela Petege, mengatakan event seperti ini jarang dilakukan. Namun, peringatan HUT ke-74 RI dapat mempertemukan orang muda dan umat selain momen ibadat.

“Hal menarik dalam pertandingan ini bagi peserta adalah usaha bertanding. Semua peserta dibagikan satu buah rosario titipan dari Uskup Agung Jakarta sebagai salah satu sponsor,” kata Petege.

Untuk diketahui, pemenang juga bakal mendapatkan piala bergilir dan hadiah Rp1,5 juta untuk juara 1, uang pembinaan Rp1 juta untuk juara 2, dan Rp750 ribu untuk juara 3. (*)

Editor: Timo Marten

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top