Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

MK sudah terima 226 sengketa Pemilu 2019

Foto ilustrasi – pixabay.com

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi –  Hingga Jumat pukul 09.40 WIB, Mahkamah Konstitusi telah menerima 226 pengajuan perkara sengketa hasil Pemilihan Umum 2019. Sengketa yang diajukan meliputi 117 perkara perselisihan hasil pemilihan calon anggota legislatif Dewan Perwakilan Rakyat RI dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah, serta sembilan perkara sengketa hasil pemilihan calon anggota Dewan Perwakilan Daerah.

Mahkamah Konstitusi (MK) juga mencatat, terdapat dua pengajuan perkara sengketa hasil pemilihan calon anggota legislatif (Pileg) 2019 yang didaftarkan melewati tenggat waktu yang ditetapkan. Kedua perkara itu adalah sengketa perselisihan hasil pileg di DPR/DPRD RI dari Daerah Pemilihan Maluku Utara dan DKI Jakarta.

Hingga Jumat, banyak pemohonon yang baru sebatas mendaftarkan permohonan, dan belum melampirkan berkas ataupun bukti atas perkara yang diajukannya. Sebagian lainnya baru berkonsultasi terkait syarat-syarat pengajuan permohonan.

Juru bicara MK Fajar Laksono menyampaikan bahwa tenggat waktu pendaftaran sangat penting untuk diperhatikan. Fajar menyatakan tenggat waktu pendaftaran perkara akan menjadi pertimbangan hakim konstitusi untuk melanjutkan pemeriksaan atau tidak.(*)

Loading...
;

Editor: Aryo Wisanggeni G

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top