Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Mosi tidak percaya dibatalkan, PM Vanuatu shuffle kabinet

Charlot Salwai . -DVU/Dan McGarry

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Port Vila, Jubi – Menyusul drama politik akhir pekan lalu, Perdana Menteri Vanuatu, Charlot Salwai, kembali selamat dari mosi tidak percaya, mosi keenam yang diajukan terhadap dirinya sejak ia terpilih. Mosi tidak percaya dibatalkan setelah negosiasi.

Dengan hanya enam bulan tersisa dalam masa jabatannya saat ini, semakin besar kemungkinan Salwai bisa menyelesaikan periodenya sebagai PM terpilih selama empat tahun.

Meski demikian, staf Humas pemerintah, Hilaire Bule, mengungkapkan rasa frustasinya atas biaya yang harus dikeluarkan negara akibat mosi itu. Beberapa RUU terpaksa ditarik pada Jumat (14/6/2019) lalu, katanya, akibat ketidakpastian yang timbul setelah pengajuan mosi tersebut. Dia menuduh blok oposisi hanya membuang-buang uang negara untuk mengejar kekuasaan tanpa hasil apa-apa.

Hingga berita ini diterbitkan, surat kabar Daily Post tidak dapat mengkonfirmasikan berapa banyak RUU ditarik, tetapi rancangan anggaran tambahan VT 6,4 miliar diresmikan. Kubu oposisi menuduh pemerintah Salwai sebagai pemerintahan yang paling mahal dalam sejarah republik itu. Pengeluaran pada 2019 jauh lebih tinggi daripada tahun-tahun sebelumnya. Dengan disahkannya rancangan anggaran perbelanjaan tambahan, pengeluaran pada tahun 2019 akan mencapai lebih dari dua kali jumlah yang dibelanjakan pada tahun 2014.

Loading...
;

Disadur dari Radio New Zealand Pacific, PM Salwai dilaporkan telah me-reshuffle kabinetnya setelah mosi tidak percaya itu ditariknya. Dalam perkembangan terakhir, Salwai dikatakan telah mengeluarkan hampir semua anggota parlemen (MP) Partai Vanua’aku dari posisi-posisi inti.

Menurut staf Salwai, MP Partai Vanua’aku, yang mendominasi sebagian besar pemerintah koalisi, menggunakan mosi ini untuk mencoba menekan Salwai agar memberi mereka lebih banyak portofolio kementerian.

Laporan dari media lokal mengindikasikan bahwa beberapa MP dari Partai Vanua’aku telah digantikan oleh MP dari Vanuatu Leaders Party. Menurut liputan Vanuatu Broadcasting Television Corporation, MP yang baru di-reshuffle adalah MP Jotham Napat, sekarang menjadi Wakil Perdana Menteri dan Menteri Pariwisata dan Perdagangan, serta MP Matai Seremaiah ditunjuk sebagai Menteri Pertanian. Keduanya menggantikan pemimpin Partai Vanua’aku dan mantan Wakil Perdana Menteri, Bob Loughman, dan mantan Menteri Pertanian, Hosea Nevu.

Masih belum pasti berapa lama kabinet yang baru akan bertahan, dan apakah akan ada shuffling lainnya setelah kantor pemerintah dan parlemen dimulai kembali pada Senin ini. (Daily Post Vanuatu)


Editor: Kristianto Galuwo

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top